Mau Tau? Ini Isi Sumpah dan Janji Anggota DPR 2019-2024

Abadikini.com, JAKARTA – Sebanyak 575 Anggota DPR RI periode 2019-2024 telah resmi dilantik di Gedung KK, Kompleks Parlemen, Selasa (1/10/2019). Saat dilantik, mereka melantangkan sumpah janji yang akan dipegangnya selama menjabat.

Pengambilan sumpah janji itu dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Perwakilan dari anggota DPR RI berdasarkan agama masing-masing pun silih berganti mengikuti sumpah janji yang telah dikatakan Hatta.

Sebelumnya Hatta berpesan bahwa sumpah janji yang akan diucapkan anggota mengandung tanggung jawab untuk bangsa dan negara.

“Patut saya ingatkan bahwa sumpah atau janji yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945,” ujar Hatta.

Berikut ialah sumpah janji yang menjadi amanah bagi 575 anggota DPR RI periode 2019-2024.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945”.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sunggunh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan”.

“Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Sumber Berita
Suara
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker