Terungkap, Sandiaga Uno Tak Pernah Keluar dari Gerindra, Hanya Kader Non Aktif

Abadikini.com, JAKARTA – Sandiaga Uno mengklaim tak pernah mundur dari keanggotaan Partai Gerindra setelah mendaftarkan diri sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Sandi mengaku masih memiliki kartu tanda anggota (KTA) Gerindra hingga saat ini.

“Ternyata kalau kita lihat, saya enggak ada, apa, enggak ada prosesi untuk mencabut KTA saya, dulu enggak terjadi,” kata Sandi, seperti dikutip Abadikini dari CNN, Sabtu (7/9/2019).

“Ya,” penegasan Sandi saat ditanya kembali apakah selama ini masih resmi menjadi kader Gerindra.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan dirinya adalah kader nonaktif Gerindra selama Pilpres 2019. Ia hanya melepas jabatannya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Dia mengaku memang sempat menyatakan mundur dari Gerindra sebagai langkah menjaga keharmonisan koalisi partai pengusung. Dengan begitu, ia bisa maju mendampingi Prabowo sebagai cawapres independen, bukan kader partai manapun.

Diketahui, pada Pilpres 2019, Prabowo-Sandi diusung oleh Gerindra, Demokrat, PAN, PKS dan Berkarya.

Pengakuan Sandi belum pernah mundur dari Gerindra itu bertolak belakang dengan pernyataan Prabowo. Saat mendeklarasikan maju Pilpres 2019 bersama Sandi, Prabowo mengklaim cawapresnya itu sudah mundur dari Gerindra.

Prabowo sendiri merupakan ketua umum sekaligus ketua dewan pembina Gerindra.

Menurut Prabowo, Sandiaga harus mundur sebagai kader agar bisa diterima oleh partai politik koalisi pendukung.

“Beliau harus diterima partai-partai lain. Saya meminta beliau mundur dari Gerindra. Padahal, beliau sudah meniti karier di Gerindra cukup lama. Sekarang Wakil Ketua Dewan Pembina,” ujar Prabowo di rumahnya, Jalan Kertanegara, Jakarta (9/8/2018).

“Saya meminta saudara Sandiaga Uno untuk mundur dari Partai Gerindra agar diterima sebagai calon independen,” ujar Prabowo saat deklarasi di Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8/2019).

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon juga pernah mengatakan hal yang sama pada 2018 lalu. Dia menyebut Sandiaga sudah bukan lagi kader Gerindra.

“Pak Sandiaga sudah mengundurkan diri dari Partai Gerindra. Jadi beliau ya sekarang sebagai calon independen,” kata Fadli di Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta (10/8/2018).

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close