Anggota TNI Satgas Pamtas Yonif 411/Pandawa Kostrad Bantu Mengajar di Sekolah Perbatasan

Abadikini.com, MERAUKE – Anggota TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad, terpanggil untuk membantu meningkatkan ilmu pengetahuan kepada murid Sekolah Dasar di wilayah perbatasan.

Seperti yang dilakukan oleh Praka Angghi Budi Setiawan dan Pratu Imam Safe’i anggota Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad, ikut membantu memberikan ilmu pengetahuan dengan menjadi tenaga pendidik kepada anak siswa-siswi di SD YPK Sota, Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Dengan niat ikut andil dalam mencerdaskan pelajar di wilayah perbatasan, anggota TNI yang berada di Pos Kout turut membagi ilmunya. Dengan penuh keceriaan, siswa-siswi kelas 3 dan 4 SD YPK Sota menerima pelajaran membaca, menulis dan berhitung.

“Ketika hari pertama kami datang mengajar, ditemui masih banyak siswa-siswi kelas 3 dan 4 yang belum bisa membaca. Hal itu membuat kami tersentuh untuk bisa mencerdaskan anak-anak sekolah yang berada di perbatasan ini, karena mereka adalah masa depan bangsa,” kata Praka Angghi selaku pengajar.

Wadansatgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (4/9/2019) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program Satgas, selain melaksanakan tugas pokoknya menjaga keamanan di perbatasan RI-PNG juga turut serta mencerdaskan anak-anak sekolah di tempat penugasan.

“Saat pelaksanaan latihan pra tugas, para prajurit telah dibekali pengetahuan sebagai tenaga didik, sehingga secara keilmuan dan mental, mereka memang disiapkan untuk itu. Oleh karenanya, bekal  dan tata cara mengajar yang baik dan mudah dipahami oleh murid yang mereka dapatkan, menjadi modal untuk diaplikasikan di daerah penugasan ini,” jelasnya.

Mayor Inf Ilham berharap dengan kehadiran personel Satgas di sekolah-sekolah, dapat meningkatkan motivasi dan semangat pelajar dalam mengikuti pelajaran, serta dapat berperan untuk memajukan pendidikan di daerah perbatasan sama seperti pendidikan yang ada di perkotaan, karena mereka generasi penerus bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD YPK Sota Semuel Supusepa mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang telah bersedia membantu mengajar. “Semoga murid-murid di sekolah kami semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus belajar dan meraih prestasi setinggi-tingginya,” katanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker