Frank De Boer: Upah Setara Pesepakbola Adalah Hal Konyol

Abadikini.com, JAKARTA – Legenda sepak bola asal Belanda Frank De Boer, kurang setuju perihal upah setara antara pesepakbola wanita dan pria yang berlaku di level internasional. De Boer mengaggap upah pesepakbola wanita setara dengan pesepakbola pria masih kurang pantas.

“Menurut saya itu adalah hal yang konyol. Itu sama seperti tenis. Jika mereka melihat, final Piala Dunia disaksikan kurang lebih sebanyak 500 juta orang dan 100 juta orang untuk final Piala Dunia Wanita. Itu perbedaannya,” ucap De Boer sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Ucapan tersebut menyusul keputusan mengejutkan yang dilakukan Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB). Induk sepakbola di Belandatersebut menyatakan bakal memperlakukan pesepakbola pria dan wanita dengan setara pada 2023 mendatang.

Keputusan tersebut dinilai masih kurang masuk akal. Pria yang kini melatih Atlanta United tersebut percaya langkah tersebut hanya bakal menghasilkan reaksi yang lebih luas soal kesenjangan di masyarakat.

“Jika Anda menduduki jabatan sebagai manajer di sebuah bank atau sejenisnya, Anda harus mendapat penghasilan yang setara dengan pria karena itu bukan soal fisik,” tambah De Boer.

“Di sini (sepakbola), mengapa Anda harus mendapat lebih sedikit? Karena Anda melakukan pekerjaan seorang pria? Saya pikir itu memang menyangkut sedikit ke dunia olahraga, seperti tenis dan sepakbola, tapi itu semua masih berbeda,” pungkasnya.

Editor
Novel D
Topik Berita
Back to top button