Apple Batasi Panggilan WhatsApp dan Facebook?

Abadikini.com – Sebuah perubahan besar direncanakan Apple untuk sistem operasinya. Kabarnya, raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat ini akan membatasi sebuah fitur yang ada di aplikasi perpesanan instan, seperti WhatsApp dan Facebook Messenger.

Menurut laporan The Information yang dikutip Reuters, Kamis (8/8/2019), fitur milik WhatsApp dan Facebook yang akan dibatasi Apple adalah kemampuan melakukan panggilan melalui internet.

Pasalnya, fitur panggilan pada WhatsApp dan Facebook Messenger, rupanya tetap berjalan di background, meskipun pengguna sedang tidak melakukan panggilan via aplikasi tersebut.

Artinya, baik WhatsApp maupun Facebook Messenger bisa lebih cepat menghubungkan panggilan. Tapi di sisi lain, fitur ini juga bisa praktis melakukan tugas seperti pengumpulan data yang dianggap Apple sebagai pelanggaran privasi data pengguna.

Laporan yang sama juga menyebut, pembaruan pada sistem operasi ini memungkinkan Apple untuk membatasi akses latar belakang ke aplikasi saat pengguna melakukan panggilan internet.

Sayangnya, saat dimintai klarifikasi, baik Facebook dan Apple tidak langsung memberikan pernyataan resminya.

Sekadar informasi, langkah Apple ini akan memaksa Facebook untuk mendesain ulang aplikasi pesan instan yang berada di bawah kendali mereka, dalam hal ini Facebook Messenger, WhatsApp, Twitter, dan Instagram.

Sumber Berita
Suara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker