Personel Bakamla RI Beraksi Semarakkan GWR Penyelam Terbanyak di Dunia

Abadikini.com, MANADO – Tiga orang personel Bakamla RI turut serta menyemarakkan puncak Guiness World of Record (GWR) Penyelam Massal Terbanyak di Dunia, di perairan kawasan Megamas, Manado, Sabtu (3/8/2019).

Tiga orang penyelam handal yang merupakan anggota Bakamla RI/IDNCGdari wilayah Zona Maritim Tengah ini yaitu Lettu Bakamla Cindy Kawulur, S.T., Serka Bakamla Billyna Raganasti Kusuma Wardani, A.Md,
dan Serda Bakamla M. Rizky Bagus K. Dalam peran sertanya mengharumkan nama Bakamla RI, performa dan stamina yang optimal disiapkan dibawah bimbingan Mayor Bakamla Hermawan yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KN Singa Laut – 402. Adapun Lettu Bakamla Cindy bergabung dengan kelompok penyelam J4 sedangkan Serka Bakamla Billina dan Serda Bakamla Rizky bergabung dengan kelompok penyelam C4.

Selain menurunkan para penyelamnya, Zona Maritim Tengah juga berpartisipasi aktif mengerahkan unsur dan personel dalam pengamanan laut dan dukungan darat untuk kelancaran event nasional tersebut dengan melibatkan KN Gajah Laut 404 dan Catamaran 506 sejak H-1 di sektor yang sudah ditentukan bersama dengan unsur-unsur lainnya. KN Gajah Laut 404 berada di sektor pengamanan ring 3 sedangkan Catamaran 506 pada ring 2.

Tercatat sebanyak 3100 partisipan mengikuti acara puncak Guiness World of Record  Penyelaman ini. Seluruh partisipan yang berasal dari berbagai daerah dan stakeholder seluruh Indonesia ini berupaya untuk mencatat record baru menyelam terbanyak yang sebelumnya dipecahkan oleh Amerika yakni di Florida. Selain memecahkan record menyelam massal terbanyak di dunia yang berlangsung dalam kurun waktu 5 menit,
para penyelam juga  mengibarkan bendera Merah Putih terbesar di bawah laut tepat pada pukul 10.30 Wita di kedalaman 8 meter di perairan Kawasan Megamas Manado.

Puncak acara dibuka oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan kegiatan pencatatan rekor ditandai dengan turunnya para penyelam.

Editor
M Saleh

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker