Bappeda Bantaeng Rancang Indikator Kemiskinan

Abadikini.com, BANTAENG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) merancang indikator kemiskinan di Bantaeng. Rancangan indikator itu dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) di kantor Bappeda, Selasa, 30 Juli 2019.

FGD itu dibuka oleh Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin. Dalam kesempatan itu, dia mengajak Bappeda untuk menjadi Penanggung jawab ketersediaan data di daerah sebagai rujukan perencanaan dan penganggaran. “Ini untuk upaya penanggulangan kemiskinan,” kata dia.

Dalam FGD itu terungkap jika Kemiskinan merupakan masalah yang harus di tuntaskan oleh pemerintah. Data kemiskinan yang valid adalah hal yang mutlak dilakukan agar apa yang diupayakan sebagai kewajiban pemerintah bisa menyentuh masyarakat yang layak mendapatkan perhatian lebih.

Sekedar diketahui, penentuan indikator lokal tentang kemiskinan sudah pernah dilakukan pada 2014 silam. Tetapi, dengan adanya perubahan kondisi tertentu sehingga indikator tersebut perlu di ubah agar lebih tepat sasaran.

Kabupaten Bantaeng berada di tiga kawasan pemukiman yaitu Kawasan Pesisir, dataran Rendah dan Pegunungan. Rencanaya, Bappeda akan melakukan pemutakhiran data sebanyak dua kali setiap tahun dan akan diupayakan data berbasis RT/RW atau level pemerintah terendah.

Editor
M Saleh

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker