Anies Meminta DPRD Segera Selesaikan Pemilihan Wagub DKI Jakarta

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan komunikasi ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, terkait tak kunjung ditetapkannya wakil gubernur DKI.

Menurut mantan Mendikbud ini, DPRD harus segera menetapkan wagub DKI karena masa jabatan mereka juga tak lama lagi. “Saya berkomunikasi dengan dewan,” ujar Anies usai meresmikan GOR Rorotan di Cilincing, Jakarta Utara, Senin, (29/7/2019).

Masa jabatan anggota DPRD DKI periode 2014-2019 akan tuntas pada Agustus 2019. Anies menyampaikan, DPRD harus bisa menetapkan wakil gubernur DKI sebelum mereka digantikan oleh anggota DPRD periode 2019-2024.

“Mudah-mudahan mereka akan segera menyelenggarakan rapat paripurna (penetapan wagub DKI),” ujar Anies.

Anies mengemukakan, DPRD berjanji penetapan wagub segera dilakukan. Anies berharap ia segera memiliki pendamping sebagai kepala daerah, usai wagub pasangannya dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017, Sandiaga Uno, mengundurkan diri untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Saya dengar dalam waktu dekat ini┬ámereka akan menyelenggarakan paripurna,” ujar Anies.

Penetapan wagub DKI terus molor karena tak kunjung digelarnya rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) oleh DPRD DKI. Rapimgab merupakan tahapan sebelum paripurna yang akan mengesahkan wagub DKI secara resmi, bisa digelar. Dua nama calon wagub DKI telah diusulkan PKS, yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Editor
Hendra Jayadi
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close