Unik, Sumbang Bibit Ikan Jadi Syarat Menikah di Daerah Ini

Abadikini.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung mengeluarkan imbauan yang cukup unik. Mereka meminta pasangan yang menikah untuk menebar bibit ikan di lingkungan dekat dengan tempat tinggalnya. Hal ini sesuai dengan imbauan yang dikeluarkan Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo.

Heri mengimbau pemerintah desa yang ada di Temanggung untuk mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan penebaran bibit ikan sebagai salah satu syarat pernikahan. Hal ini diharapkan bisa membuat masyarakat lebih peduli untuk melestarikan populasi ikan di Temanggung.

“Sebelum memutuskan untuk membina keluarga, sebaiknya pasangan calon pengantin juga menebar kebaikan untuk lingkungan di sekitar tempat tinggalnya,” ucap Heri seperti ditulis laman Kompas, Kamis (25/7/2019).

Heri menyebut aturan ini nggak akan sampai membatasi jumlah bibit ikan yang akan ditebarkan sehingga nggak akan membebani calon pengantin. Dia menekankan, tujuan syarat ini hanyalah agar masyarakat lebih peduli dengan pelestarian satwa, khususnya ikan di wilayah Temanggung.

“Melepas satu ekor atau satu kilogram bibit ikan sama saja. Dampak yang ditimbulkan juga sama-sama akan baik bagi populasi ikan dan lingkungan sekitar,” lanjut Heri.

Heri juga nggak mempermasalahkan di mana lokasi penebaran bibit ikan ini. Pihak pasangan calon pengantin yang akan menentukan kapan bibit ikan ini ditebar. Mereka bisa saja menebarkannya di sungai. Jika ingin menebarnya di kolam pribadi, pihak pemerintah juga memperbolehkan.

Heri berharap hal ini bisa membuat masyarakat lebih aktif dalam melestarikan bibit ikan dan nggak perlu lagi mengharapkan bantuan bibit dari pemerintah. Apalagi pemerintah juga memiliki keterbatasan anggaran sehingga belum tentu bisa memenuhi keinginan masyarakat.

Menurutmu, ide untuk meminta pasangan yang baru menikah menebar bibit ikan ini tepat dilakukan atau nggak, Millens?

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
Inibaru
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker