Mengenal Hamzah Elhabashy, Remaja Tampan Hafiz Quran Asal AS

Abadikini.com, JAKARTA – Jika mendengar kata hafiz atau penghapal al-Quran, mungkin yang ada dalam benak kebanyakan orang adalah sosok pria yang berasal dari negara Timur Tengah atau mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia. Namun siapa yang menyangka jika di negara sekuler macam Amerika Serikat (AS) ternyata ada seorang remaja hafiz al-Quran.

Ia adalah Hamzah Elhabashy. Namanya mungkin masih terdengar asing. Meski begitu, remaja berusia 19 tahun ini ternyata mempunya prestasi yang mentereng dalam hal menghapal al-Quran. Ia elah meraih sejumlah gelar bergengsi dalam lomba penghafal al-Quran baik ditingkat nasional maupun internasional.

Hamzah Elhabashy berasal dari Maryland, AS. Ia berhasil menyelesaikan hafalan al-Quran pada usia 10 tahun dan saat ini tercatat sebagai siswa Dar-us-Salaam Hifzh School Maryland, seperti dikutip Abadikini dari laman Sindonews, Rabu (24/7/2019).

Remaja berparas tampan ini kerap mengikuti kompetisi menghapal al-Quran di Maryland. Pada tahun 2007 ia tercatat mengikuti lomba Quran Recitation and Memorization Competition at Muslim Community Center (MCC) yang diadakan oleh The Glorious Quran Memorization Association (GQMA). Pada ajang tersebut, ia meraih peringkat kedua.

Ia juga berkompetisi secara nasional pada ajang baca Quran di Chicago untuk memenangkan kesempatan mewakili AS di Dubai Kompetisi Internasional Quran 19 pada tahun 2015 lalu. Ia berhasil lolos ke ajang yang digelar di Dubai Uni Emirat Arab.

Pada ajang Dubai Kompetisi Internasional Quran 19 ini sosok Hamzah mencuri perhatian khalayak. Tampil dengan potongan rambut gondrong sebahu dan menggunakan jas, suara Hamzah terdengat begitu merdu saat melantunkan ayat-ayat al-Quran. Hamzah begitu fasih meracik satu ayat al-Quran ke ayat yang lain. Ia pun keluar sebagai juara kedua dalam lomba penghapal al-Quran internasional tersebut.

Prestasi Hamzah tidak berhenti sampai disitu. Pada tahun 2016 lalu Hamza kembali mengkuti lomba Toronto Quran Competion di mana ia menjadi pemenang di groupnya dan bersaing dengan tujuh orang. Terbaru Hamzah Elhabashy keluar sebagai pemenang di Kompetisi Quran Internasional Toronto pada 26 & 27 Januari 2019 lalu.

Kemerduan suara Hamzah Elhabashy dalam melantunkan ayat-ayat suci al-Quran bisa didengarkan melalui video dibawah ini.

Editor
Nabila Sarah
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker