WhatsApp vs iMessage, Aplikasi Pesan Mana yang Lebih Baik?

Abadikini.com, JAKARTA – Tahun lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan kepada investor bahwa layanan iMessage Apple merupakan pesaing terbesar Facebook dalam pengiriman pesan. Di negara-negara seperti Amerika di mana perangkat Apple mendominasi, Facebook Messenger dan WhatsApp mengalami adopsi yang lambat.

Namun WhatsApp telah mengumpulkan lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Dalam membandingkan WhatsApp dan iMessage ini, harus diperhatiakan bagaimana kedua layanan ini. WhatsApp dan iMessage menjadi semakin penting bagi Facebook dan Apple karena komunikasi pengguna terus bergeser dari konten yang dibagikan secara publik ke pesan pribadi.

Kedua layanan ini cukup mirip di sebagian besar aspek. Keduanya memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan, foto, video, rekaman suara, dan emoji ke kontak mereka. Keduanya memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara dan video ke pengguna lain. Namun, apa yang berbeda dari keduanya? Berikut perbedaannya, seperti dilansir Abadikini dari Tempo:

1. Ketersediaan lintas platform

Aplikasi iMessage sudah diinstal sebelumnya di iPhone, iPad, iPod, Mac, dan Apple Watch. Ini adalah salah satu aplikasi paling populer di ekosistem Apple. Pengguna bisa menyinkronkan pesan di semua perangkat Apple yang masuk ke akun Apple pengguna.

Hal itu adalah salah satu kekuatan terbesar iMessage, juga salah satu kelemahan terbesarnya. Apple tidak menawarkan klien web iMessage, artinya pengguna tidak dapat mengakses pesan di PC.

Layanan olah pesan Apple juga tidak tersedia di Android atau platform lain di luar ekosistemnya. Ini berguna hanya jika teman dan anggota keluarga pengguna berinvestasi dalam ekosistem Apple.

Sebaliknya, WhatsApp adalah layanan lintas platform, yang tersedia di iOS, Android, Windows 10, macOS, dan bahkan platform BlackBerry dan Symbian. Pengguna bisa mengunduh WhatsApp dan menggunakannya beberapa menit setelahnya.

Ada kemungkinan sebagian besar teman pengguna sudah menggunakannya. Jika tidak, pengguna dapat mengirim mereka undangan cepat untuk bergabung dengan layanan.

WhatsApp ditautkan dengan nomor telepon pengguna, artinya pengguna hanya dapat menggunakannya di satu perangkat. Jika ingin menggunakannya di beberapa perangkat, pengguna harus memindai kode QR dari ponsel cerdas melalui pengaturan yang tersedia.

WhatsApp menggunakan mirroring, artinya ponsel pengguna harus memiliki koneksi Internet jika ingin menggunakannya di komputer atau browser web. Untuk menggunakannya di browser web, cukup buka web.whatsapp.com dan pindai kode QR menggunakan aplikasi smartphone.

2. Antarmuka pengguna

Kedua layanan memiliki antarmuka yang bersih. Mereka mudah dinavigasi dan memulai. Jika menggunakan iMessage, teman tidak perlu mendaftar untuk layanan (dengan asumsi mereka menggunakan perangkat Apple). Pengguna dapat mengirim pesan kepada mereka menggunakan ID Apple atau nomor telepon mereka dan mereka akan menerima pesan.

Layanan Apple menawarkan iMessage untuk memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan orang lain tanpa harus meninggalkan aplikasi. Pengguna iMessage dapat melakukan panggilan audio atau panggilan FaceTime dengan mengetuk nama atau nomor kontak di bagian atas percakapan.

Pengguna dapat melihat indikator yang jelas di iMessage untuk pengiriman dan penerimaan pesan. Juga bisa menggunakan Animoji berbagi karakter animasi dengan suara suara pengguna dan mencerminkan ekspresi wajah Anda. Ada juga fitur Memoji yang sesuai dengan kepribadian dan suasana hati.

WhatsApp belum memiliki sesuatu yang mirip dengan Memoji atau Animoji. Namun, ia menawarkan banyak fitur yang sama seperti iMessage. Ketika mengatur WhatsApp, pengguna mendapat akses ke kontak dan secara otomatis menampilkan semua kontak yang menggunakan WhatsApp.

Pengguna dapat mengirim pesan, foto, video, rekaman suara, dan bahkan dokumen ke teman secara individu atau dalam grup. Pengguna juga dapat melakukan panggilan audio atau video melalui Internet.

Selain itu, pengguna WhatsApp juga dapat melihat ketika seseorang sedang online dan kapan pesan dikirim atau dilihat. Tentu saja, pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan status Terlihat Terakhir Anda, membaca tanda terima, dan hal-hal lainnya.

3. Keamanan

Kedua layanan menggunakan enkripsi end-to-end untuk memastikan data pengguna aman. Ini memastikan bahwa pesan tidak terlihat oleh pemerintah, peretas, atau penyedia.

Perlu ditunjukkan bahwa Apple mengenkripsi pesan yang dikirim ke dan dari perangkat hanya dalam ekosistemnya. Jika pengguna menggunakan iMessage untuk mengirim pesan ke pengguna Android, pesan itu tidak dienkripsi.

Jika menggunakan cadangan iCloud, data iMessage pengguna didukung secara default. Pengguna harus mematikannya dari pengaturan untuk mencegah cadangan iCloud dari data iMessage. Mencadangkan data iMessage di iCloud berarti Apple menyimpan kunci enkripsi untuk cadangan, bukan pengguna, yang secara efektif meniadakan enkripsi ujung ke ujung.

WhatsApp melakukan pekerjaan yang lebih baik di bidang keamanan. Ia menggunakan enkripsi end-to-end untuk semua percakapan termasuk panggilan suara dan video. Tidak seperti iMessage, itu tidak menyimpan kunci enkripsi dengan sendirinya. Artinya pesan tidak dapat diakses oleh siapa pun selain pengirim dan penerima.

Bahkan WhatsApp tidak dapat mengakses percakapan pengguna karena tidak menyimpan pesanhya. WhatsApp menawarkan kode keamanan yang digunakan pengirim dan penerima untuk memverifikasi bahwa mereka menerima pesan dari seseorang yang mereka kenal, bukan orang lain yang menyamar sebagai teman.

Namun itu tidak sempurna. WhatsApp membagikan metadata perpesanan dengan Facebook, yang tidak memiliki rekam jejak hebat dalam hal privasi dan keamanan pengguna.Jika menggunakan nomor telepon yang sama untuk Facebook dan WhatsApp, profil pengguna dapat ditautkan.

Editor
Selly

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker