Industri Hulu Migas Jadi Pionir Penting dalam Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Tak bisa dipungkiri, peran sektor industri migas memang menjadi salah satu pionir pertumbuhan perekonomian di tanah air. Pembahasan inilah yang menjadi pokok diskusi minyak gas bumi (migas) yang digelar oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS).

Mereka menghimpun para perwakilan dari unsur pemerintahan daerah Provinsi Kalimantan Timur serta para pemangku kepentingan lainnya untuk menghadiri diskusi bertajuk Kontribusi Kegiatan usaha Hulu Migas sebagai Penggerak Perekonomian Pengembangan Industri di Daerah. Diskusi terbuka yang dihadiri pihak legislatif, eksekutif, dan akademisi ini berlangsung pada Kamis (11/7). Harapannya adalah agar diskusi dapat memberikan informasi tentang peran sektor hulu migas bagi pengembangan industri lokal di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk mengidentifikasi apa saja kontribusi yang bisa diberikan oleh industri hulu migas, SKK Migas dan KKKS menggelar diskusi tersebut. Tiga narasumber hadir untuk memberikan informasi terkini tentang kontribusi kegiatan hulu migas, diantaranya adalah Bimo Edyanto selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kota Balikpapan, Ir. H Wahyu Widhi Heranata, MP selaku Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur, dan Dr. Aji Sofyan Effendi, SE., MSi, selaku Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. Diskusi Hulu Migas kali ini juga dibuka oleh Syaifudin selaku Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Syaifudin mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan Diskusi Hulu Migas di Balikpapan, “Diskusi ini membantu para stakeholder dan masyarakat untuk memahami berbagai kegiatan hulu migas yang telah dilakukan di wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Selain itu, diskusi ini sangat membantu industri hulu migas untuk menyebarluaskan informasi kontribusi yang telah kami lakukan kepada pengembangan industri daerah penghasil,” jelas Syaifudin.

Sektor hulu migas merupakan satu satu sektor usaha nasional yang telah memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, industri hulu migas di Indonesia masih memiliki peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian baik lokal maupun nasional. Saat ini SKK Migas terus berupaya menggandeng minat investor untuk meningkatkan aktivitas hulu migas melalui kegiatan eksplorasi demi menemukan cadangan migas baru.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Diskusi Hulu Migas, diharapkan mampu memberikan pengertian serta informasi yang dibutuhkan bagi pemangku kepentingan terkait kontribusi industri hulu migas yang telah dihasilkan. Selain itu, diskusi ini juga menjadi kesempatan untuk bertukar pikiran dengan rekan-rekan media lokal.

Editor
Muhammad Irwan
Sumber Berita
MDK

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker