Populer untuk Selfie, Danau Cantik Ternyata Pembuangan Limbah

Abadikini.com, JAKARTA – Indah dan asri, adalah dua kata yang bisa menggambarkan Danau Novosibirsk di Rusia. Tapi siapa sangka kalau danau tersebut merupakan tempat pembuangan limbah beracun.

Danau buatan tersebut memang menggoda siapapun untuk berfoto di sekitarnya. Airnya jernih kebiruan dan bebatuannya putih bersih.

Siberian Generating Company, perusahaan yang memiliki izin pengelolaan danau tersebut mengatakan kalau danaunya merupakan tempat pembuangan limbah dari pabrik batubara lokal.

Mereka juga mengimbau agar orang-orang tak bersentuhan langsung dengan airnya yang sudah terkontaminasi limbah.

Air jernih di danau, yang sering disebut ‘Maladewa di Siberia’, berasal dari garam kalsium dan oksida logam yang mengandung zat alkali tinggi.

https://www.instagram.com/p/BzfIhjynbZv/?utm_source=ig_embed

Meskipun airnya tidak beracun, dasar danau itu cukup dalam dan berlumpur, sehingga jika sudah tenggelam akan sulit menyelamatkan diri.

Siberian Generating Company mengumumkan hal tersebut melalui unggahan foto di akun Instagram resminya.

https://www.instagram.com/p/BzvIZ2kndi8/?utm_source=ig_embed

Fakta mengenai Danau Novosibirsk bersamaan dengan munculnya kabar bahwa foto-foto di Pura Lempuyang di Karangasem, Bali, banyak yang mengandung kepalsuan.

Dalam foto-foto yang beredar di media sosial, pura yang sering disebut ‘gerbang menuju surga’ itu digambarkan memiliki danau di areanya, sehingga foto yang dihasilkan berpanorama ganda.

Namun sebenarnya foto-foto tersebut dibuat dengan menggunakan teknik memantulkan bayangan melalui kaca.

Editor
selly
Sumber Berita
cnn

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker