Rekonsiliasi Seharusnya Tanpa Syarat Apapun, Ikhlas Lillahi ta’ala

Abadikini.com, JAKARTA – Rekonsiliasi politik Presiden terpilih Joko Widodo dan Prabowo Subianto seharusnya bisa segera terealisasi. Bukan itu saja, upaya rekonsiliasi politik juga semestinya dilakukan tanpa persyaratan apapun.

“Rekonsiliasi mestinya tanpa syarat apapun harus ikhlas lillahi ta’ala untuk kepentingan bangsa,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, seperti dikutip dari Antaranews, di Jakarta, Rabu, (10/7/2019)

Adi mengatakan tujuan rekonsiliasi politik hanya satu yaitu mengakhiri pertikaian politik antar kubu yang sangat melelahkan. Karena itu dasar narasi rekonsiliasi menyangkut mental model berpolitik untuk siap kalah dan siap menang.

Terkait adanya permintaan pemulangan Rizieq Shihab dari pihak Prabowo Subianto sebagai salah satu syarat terjadinya rekonsiliasi politik, Adi menilai hal itu tidak tepat.

Adi mengatakan Rizieq Shihab dapat pulang ke Indonesia tanpa ada yang menghalangi. “Apalagi kasusnya sudah SP3, itu artinya secara prosedur dan substansial, pulang atau tidaknya Habib Rizieq tidak ada kaitannya dengan rekonsiliasi. Beda ceritanya kalau kepulangan Habib Rizieq dihalang-halangi atau ditolak kelompok tertentu, mungkin perlu dimediasi aparat keamanan,” katanya.

Dia mengatakan semestinya pihak Prabowo Subianto mempublikasikan semua syarat rekonsiliasi agar ada pelibatan publik secara umum.

“Biar publik memberikan penilaian apakah syarat-syarat rekonsiliasi yang dilakukan 02 rasional atau tidak. Biar ada public attentif. Kalau ada 20 syarat rekonsiliasi, munculkan ke publik, ini kan zaman serba transparan semua orang harus tahu,” kata dia.

Editor
Tonny F
Sumber Berita
okezone

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker