China Marah ke Trump karena Campuri soal Demo di Hong Kong

Abadikini.com – China mengecam Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, karena komentarnya soal demonstrasi di Hong Kong yang dianggap bentuk “campur tangan kotor” terhadap urusan domestik wilayah itu.

“Kami menyesalkan dan sangat menentang campur tangan kotor negara terkait urusan dalam negeri Hong Kong dan urusan dalam negeri China,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, Selasa (2/7/2019).

Geng menuturkan China juga memperingatkan “negara terkait untuk berbicara serta bertindak hati-hati, dan berhenti mencampuri urusan dalam negeri Hong Kong dalam bentuk apa pun.”

China melontarkan pernyataan ini menyusul komentar Trump yang mengatakan bahwa para demonstran di Hong Kong “menginginkan demokrasi tetapi pemerintahan tidak menginginkan demokrasi” di wilayah yang masuk dalam kedaulatan Negeri Tirai Bambu itu.

Komentar itu diucapkan Trump menanggapi demonstrasi di Hong Kong yang telah berlangsung selama tiga minggu terakhir. Hari ini, aksi demo yang bertepatan dengan peringatan 22 tahun penyerahan Hong Kong dari Inggris ke China berakhir rusuh.

Massa pengunjuk rasa menyerbu masuk kompleks gedung parlemen dan mengobrak-abrik kantor legislatif tersebut.

Dikutip AFP, Geng mengatakan “AS seharusnya tidak  mendukung mereka ang terlibat dalam kekerasan dan melanggar hukum dalam bentuk apa pun.”

Beijing bahkan menyerukan penyelidikan kriminal terhadap demonstrasi yang berakhir rusuh itu. China menyebut demonstrasi hari ini merupakan “tantangan jelas” terhadap pengaturan “satu negara, dua sistem” yang selama ini diterapkan China terhadap Hong Kong.

Otonomi itu memungkinkan Hong Kong memiliki undang-undang sendiri dan memberikan hak-hak khusus lainnya termasuk kebebasan berbicara.

Editor
Arkan AW
Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker