Radiohead Rilis Rekaman Rahasia OK Computer yang Dicuri

Abadikini.com – Radiohead merilis materi rekaman pribadi selama 18 jam yang tak pernah terdengar oleh publik. Perilisan dilakukan menyusul diretasnya materi rekaman oleh seorang hacker pada pekan lalu.

Materi rekaman yang dipegang oleh sang vokalis, Thom Yorke, dicuri oleh seorang peretas. Melansir CNN, peretas mengancam akan menyebarkan materi rekaman jika Radiohead tidak membayar uang tebusan sebesar US$150 ribu.

“Alih-alih mengeluh atau mengabaikannya, kami merilis semua materi rekaman 18 jam di Bandcamp,” tulis Radiohead dalam laman Facebook ofisialnya.

Materi rekaman akan tersedia dalam laman ofisial Radiohead pada situs penyedia musik digital, Bandcamp. Materi dapat diunduh dengan harga US$23 selama 18 hari ke depan.

Hasil penjualan akan disumbangkan kepada kelompok kampanye lingkungan Extinction Rebelion.

Materi yang direkam pada pertengahan 1990-an itu berisi versi demo beberapa lagu dalam album OK Computer. Selain itu, materi langka tersebut juga berisi beberapa lagu yang tak pernah dirilis.

“[Materi rekaman] tak pernah dimaksudkan untuk menjadi konsumsi publik,” ujar gitaris Jonny Greenwood dalam cuitannya.

Album OK Computer mendapat banyak pujian saat pertama kali dirilis pada 1997 silam. Apa yang ditawarkan membuat OK Computer berhasil memenangkan kategori Best Alternative Music Album Grammy Awards ke-40 pada 1998.

  • 19
    Shares
Editor
Rafael N
Sumber Berita
CNN
Topik Berita
Back to top button