Bukan PUBG, Ini Game Battle Royale dengan Penghasilan Terbesar

Abadikini.com, JAKARTA – Kepopuleran game dengan genre battle royale belum terpatahkan. Game dengan genre tersebut terus dihadirkan pada game konsol, PC, dan terutama di perangkatmobile. Hal ini didorong fakta bahwa smartphone memiliki jumlah pengguna paling banyak di dunia.

Belum lama ini, firma riset pasar Sensor Tower merilis laporan mengenai pendapatan kuartal pertama 2019 yang diperoleh dari game battle royale di platform iOS sekaligus Android. Sensor Tower menyebut, selama dua tahun, pendapatan total dari lima game mobile battle royale, baik di iOS atau Android, mencapai USD2 miliar atau Rp28,9 triliun.

Sensor Tower menampilkan grafik perbandingan yang memperlihatkan bahwa game Knives Out buatan NetEase ternyata menjadi game dengan pendapatan terbanyak sejak dirilis pada 2017 hingga saat ini. Pendapatannya sekitar USD643 juta atau Rp9,3 triliun.

Menurut kabar yang dilansir Medcom.id , pada awal 2019 pernah melaporkan bahwa Knives Out telah berhasil menyalip pendapatan dari PUBG Mobile dan Fortnite Mobile. Di Jepang, Knives Out sangat populer, kontribusinya secara global mencapai 80 persen.

Knives Out disebut sebagai game battle royale paling populer di Jepang. Pemain di Jepang rela menghabiskan uang sebanyak USD370 atau senilai Rp5,2 juta untuk game tersebut di Play Store dan App Store. Angka belanja pemain tersebut diklaim oleh SensorTower 11 kali lipat lebih besar dibandingkan gamer PUBG Mobile di Jepang.

Di peringkat kedua ada Fortnite mobile dengan pendapatan USD630 juta atau Rp9,1 triliun. Sensor Tower mengingat pendapatan Fortnite mobile sendiri hanya berasal dari iOS.

Kemungkinan, karena pendatan Fortnite mobile di Android terbilang kecil sekali. Teori ini muncul karena Fortnite hanya populer di Amerika Serikat, yang juga menjadi salah satu pasar terbesar iPhone atau platform iOS.

PUBG Mobile berada di posisi ketiga yang kini berganti nama menjadi Game for Peace di Tiongkok. Pergantian nama tersebut memberikan izin bagi Tencent untuk memonetisasi game tersebut di negara asalnya. Game ini memperoleh pendapatan sebesar USD 439 juta atau Rp6,3 triliun.

Di posisi keempat ada Free Fire buatan Garena dengan angka pendapatan sebesar USD252 juta atau Rp3,6 triliun. Sementara di posisi kelima diisi oleh satu lagi game buatan NetEase yaitu Rules of Survival dengan pendapatan sekitar USD96 juta atau Rp1,3 triliun.

Editor
Novel D
Sumber Berita
Medcom
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker