Popularitas IPhone di 2019 Semakin Pudar

Abadikini.com – Kejayaan iPhone sepertinya mulai memudar di 2019, karena menurut laporan keuangan terbaru Apple terungkap bahwa penjualan iPhone, produk andalan perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu, terus anjlok.

Merujuk laporan The Guardian pada Rabu (1/5/2019), iPhone memang masih menghasilkan pendapatan yang besar untuk Apple. Di kuartal I 2019, pemasukan Apple dari bisnis iPhone mencapai 32,05 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 454,7 triliun.

Namun jika dibandingkan dengan penjualan iPhone di periode yang sama di tahun sebelumnya, nilainya merosot sebesar 17%.

Sebelumnya pada Januari lalu, CEO Apple Tim Cook memaparkan laporan keuangan Apple kepada para imvestor dan mencatat adanya penurunan pendapatan laba dari penjualan iPhone.

Mencermati fenomena ini, sejumlah analis bisnis memperkirakan bahwa penjualan iPhone bisa saja kembali meningkat asalkan perusahaan menyematkan inovasi baru pada perangkat, termasuk membuat iPhone 5G yang konon baru akan meluncur pada 2020.

Sedangkan untuk mendongkrak laba Apple secara keseluruhan, Gene Munstee, analis di Loup Ventures, menyarankan agar Apple mengembangkan lini bisnis lainnya.

“Investor perlahan mulai mengalihkan fokus dari iPhone dan menilai perusahaan lebih berdasarkan ekosistem hardware, software dan layanan, namun perlu waktu tahunan agar hal itu jadi konsensus,” tutup Munstee.

Di triwulan pertama 2019, Apple mendulang pendapatan sebesar 58 miliar dolar AS atau sekitar Rp 824,5 triliun. Sementara keuntungan yang diraih sebesar 11,6 miliar dolar AS atau setara dengan sekitar Rp 164,9 triliun.

Editor
Nabila Sarah
Sumber Berita
suara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker