Kisah Orang Keturunan Indonesia di Angkatan Laut AS

Abadikini.com, JAKARTA – Kapal USS Blue Ridge tengah bersandar di Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta, dalam rangka memperingati hubungan 70 tahun Indonesia-Amerika Serikat (AS). Ada yang unik dari USS Blue Ridge, karena ternyata salah satu anak buah kapalnya adalah orang keturunan Indonesia.

“Saya lahir di Ponorogo, dan sejak umur 13 tahun saya pindah ke Amerika Serikat,” kata Letnan II Chunchun Meares, di atas Kapal USS Blue Ridge, di Jakarta, Rabu (1/5/2019) dikutip dari Medcom.

Chunchun mengatakan kedua orangtuanya berasal dari Indonesia. Dia kemudian mendapatkan kewarganegaraan AS karena sudah lama tinggal di sana.

Dia menuturkan bahwa menjadi warga keturunan luar yang masuk Angkatan Laut AS atau US Navy tidak terlalu sulit. Namun, salah satu syarat utamanya harus sudah menjadi warga negara Negeri Paman Sam.

Chunchun merasa sangat emosional saat kembali ke Indonesia bersama USS Blue Ridge. “Ini kali pertama saya ke Indonesia dengan menggunakan seragam putih ini. Saya merasa sangat emosional,” ungkap dia.

Selama ini, pria 30 tahun itu beberapa pulang ke Indonesia tidak dalam kondisi bekerja seperti sekarang. Dia memberitahu bahwa istrinya adalah orang Indonesia, tepatnya asal Banda Aceh.

“Saya cukup sering berkunjung ke Indonesia, tapi tidak dengan seragam (Angkatan Laut) ini, jadi ini sangat spesial untuk saya,” tuturnya.

Dia mengaku sangat senang menjadi bagian dari Armada ke-7 Angkatan Laut AS. Menurutnya, dia telah berkontribusi dalam penguatan hubungan kerja sama antara US Navy dengan TNI AL.

“Dan bagian terbaiknya, saya dapat memperkuat kemitraan yang telah kita buat,” katanya.

Sejauh ini, Chunchun adalah satu-satunya orang Indonesia yang menjadi bagian dari US Navy. Dia berharap dengan kehadiran USS Blue Ridge, hubungan Indonesia dan AS, terutama di bidang pertahanan, bisa semakin kuat.

Editor
Muihammad Irwan
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker