Rider Karen Herjawan Kuasai Podium JIEP

Abadikini.com, JAKARTA – Atlet Berkuda TKM Equestrian, Karen Herjawan sukses merebut gelar juara The Jakarta Masters 2019 di Jakarta Internasional Equestrian Park (JIEP), Pulo Mas, Jakarta. Keberhasilannya itu diraihnya pada kelas Elementary yang merupakan pertama kalinya turun di kelas tersebut. Ini menjadi gelar juara pertamanya di ajang bertaraf nasional.

Rider berusia 17 tahun ini berhasil mengalahkan lima pesaingnya setelah mencatatkan skor tertinggi dengan 67, 019 mengalahkan para pesaingnya, Lente Idema dari Royal Sports Horse Bali dan Luthfi Hidayah di tim Emporium Horse Club Stable di podium ketiga. Siswa SMA Sekolah Pelita Harapan (SPH) itu pun mengaku sangat senang dengan capaiannya tersebut, apalagi dia menggunakan kuda yang masih sangat muda, Iceberg.

“Awalnya deg-deg an karena kudaku masih berusia 6 tahun, pertama kali datang kudanya benar-benar fresh, kuda kadang sering berdiri, dan saya juga jatuh. Tapi saya terus melakukan latihan dan berusaha dengan baik, dan memahami keinginan Iceberg, ” ucap Karen di JIEP, Sabtu (27/4/2019) yang juga juara ketiga di kelas Prix St. Georges dengan kudanya Indio.

Mengutip dari Beritasatu, Setelah ini, Karen pun berharap ini bisa menjadi batu loncat dalam kariernya sebagai atlet berkuda untuk Indonesia. Apalagi, dia memiliki impian bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Oleh karena itu, atlet kelahiran 23 Agustus 2001 ini akan mengasah kemampuan lebih baik lagi di Eropa.

Sayangnya ini akan menjadi ajang terakhir Karen yang sempat juara 1 National Equestrian Champioship 2018 di Depok itu bersama sang pelatih asal Portugal, Luisa Valenca. Menurutnya, setelah event TJM 2019 ini, ia berencana untuk melanjutkan pendidikan ke Belanda.

“Ya, ini menjadi ajang terakhir saya bersama pelatih. Setelah lulus SMA ini, saya ingin pendidikan melanjutkan kuliah di Belanda mengambil jurusan Psikologi. Di sana saya juga akan berlatih dengan kuda-kuda dari Belanda, apalagi di sana banyak kejuaraan berkuda juga. Target saya adalah ingin mengikuti semua kejuaraan dan membawa nama Indonesia berkibar di negeri orang,” ungkap dia yang mengaku puas dengan venue di JIEP, Pulomas karena kudanya lebih nyaman lompat di venue internasional bekas Asian Games 2018 tersebut.

Sementara itu, kejuaraan The Jakarta Masters 2019 ini diikuti 216 kuda dan 40 klub berkuda dari berbagai daerah di Indonesia. Kejuaraan berkuda yang berlangsung pada 26 April-28 April ini, menjadi salah satu awal bagus untuk para atlet berkuda, termasuk junior mendapatkan pengalaman bertanding di ajang yang besar.

Selain itu, Presiden The Jakarta Masters 2019, Dimas R Putranto berharap berbagai even kejuaraan di Equestrian Jakarta dapat meningkatkan kualitas atlet berkuda Indonesia sehingga mereka terus berprestasi dan menambah jam terbangnya dalam berbagai kompetisi berkuda.

“Dalam kompetisi perdana Jakarta Masters ini jumlah riders yang berpartisipasi mencapai 200-300 orang. Bahkan jumlah riders yang mendaftar mencapai 600 entries yang mengikuti pertandingan kategori jumping, dressage, maupun cross country,” tutup Dimas.

Editor
Novel D
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker