Rumah Ambruk di Johar Baru, 3 Orang Meninggal 10 Terluka

Abadikini.com, JAKARTA – Sebuah bangunan runtuh di daerah Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat, (26/4/2019), pukul 12.00 WIB. Kejadian itu diduga mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan sekitar 10 orang terluka.

Tim SAR gabungan bahu membahu untuk mengevakuasi korban yang tertimpa reruntuhan.  “Basarnas bersama tim SAR gabungan melakukan proses evakuasi dengan menggunakan alat ekstrikasi untuk menemukan korban yang masih tertimbun di dalam reruntuhan bangunan tersebut,” ujar Hendra Sudirman selaku SAR Mission Coordinator seperti dilansir dalam keterangan tertulis Humas Kantor SAR Jakarta, Jumat, (26/4/2019).

Hendra menambahkan, “Proses ini kita sebut CSSR (Collapsed Structure Search and Rescue).”

Tim SAR gabungan pun berusaha membuka akses guna memudahkan evakuasi korban. Akhirnya tim pun membuka akses dari rumah sebelah menuju titik lokasi korban, sehingga sekitar pukul 15.44 WIB korban bisa dievakuasi dan dalam keadaan meninggal dunia.

Selanjutnya korban meninggal dunia dan luka-luka dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, untuk mendapatkan proses selanjutnya.

Adapun tim SAR gabungan terdiri dari Basarnas Jakarta, Basarnas Special Group (BSG), Polsek Johar Baru, BPBD DKI Jakarta, Damkar Jakarta Pusat, PMI DKI Jakarta, AGD 112, Rumah Zakat Rescue, Satpol PP Johar Baru, Dinas Tata Air DKI Jakarta, Tagana DKI Jakarta dan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kepala Sudin Penanggulangan, Kebakaran dan Penyelamatan, Hardisiswan mengatakan, peristiwa ini terjadi pukul 11.00 WIB. Pihaknya, juga sudah menurunkan tim untuk evakuasi korban.

“Update hingga pukul 16.35 WIB, sudah ada tiga orang yang meninggal dunia,” ujar Hardisiswan dalam keterangannya.

Hardisiswan menjelaskan, evakuasi sudah dinyatakan selesai. Dia mengerahkan 12 unit untuk mencari para korban.

Editor
Erwin Winanto
Sumber Berita
viva
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker