Mozambik Kembali Diterjang Badai, Tim Penyelamat Waspada

Abadikini.com, JAKARTA –  Mozambik kembali diterjang badai lima pekan selepas Badai Idai memporakporandakan negara itu. Bagian utara negara di Benua Afrika itu sudah lebih dulu dilanda angin kencang dan curah hujan tinggi.

Seperti dilansir The Guardian via CNN, Jumat (26/4), Badai Kenneth yang lebih kuat dari Badai Idai sudah lebih dulu menerjang Provinsi Cabo Delgado. Angin dengan kekuatan 225 kilometer per jam dipadu curah hujan ekstrem membuat warga setempat khawatir.

Badai itu diperkirakan bakal mampir di Mozambik selama beberapa hari. Curah hujan di Kota Pemba diperkirakan mencapai satu meter, lebih tinggi dari rata-rata di seluruh negeri.

Badai itu terbentuk di lepas pantai Madagaskar pada awal pekan ini. Menurut ahli meteorologi, Badai Kenneth mulanya masuk dalam kategori 4, tetapi semakin melemah ketika mengarah ke Mozambik.

Diperkirakan Badai Kenneth juga akan mengarah ke Tanzania, tetapi dari perkiraan lintasannya nampak menuju arah selatan.

“Ini sangat tidak lazim dalam sejarah badai di negara ini. Tidak pernah ada dua badai yang menerjang pada tahun yang sama,” kata pakar meteorologi, Eric Holthaus.

Badan Penanggulangan Bencana Mozambik menyatakan mereka sudah membawa peralatan penyelamatan ke wilayah yang terdampak Badai Kenneth.

Editor
Irwansyah
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker