Pemilu Serentak Indonesia Dipuji Amerika Serikat

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia menerima ucapan selamat atas kesukesan penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak 2019. Salah satunya dari Amerika Serikat.

Negeri Paman Sam memuji berlangsungnya pemilu serentak Indonesia yang disebut tersulit di dunia. Mereka kagum karena pemilu berjalan jujur dan adil.

“Dubes AS (Joseph R. Donovan Jr) kemarin bicara sama saya, memberikan selamat bahwa pemilu ini jurdil, Departemen Luar Negeri dan White House (Istana Kepresidenan Amerika Serikat) juga sudah mengatakan itu. Negara besar itu,” kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 22 April 2019.

Ucapan selamat juga diterima dari negara besar lain seperti Tiongkok. Bahkan, negara tetangga seperti Singapura juga telah menyampaikan selamat kepada pemerintah Indonesia.

Hal ini menjawab keraguan publik terhadap penyelenggaraan pemilu. Luhut menegaskan tak mungkin ucapan selamat dikirim tanpa alasan.

“Enggak mungkin mereka memberikan selamat kalau pilpres ini tidak kredibel, mereka yang mengatakan ke saya kredibel,” tegas Luhut.

Berdasarkan hitung cepat, calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-Ma’ruf diprediksi memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Jokowi-Ma’ruf meraih 54 persen suara, sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 45 persen.

Namun, kubu Prabowo enggan mengakui hasil hitung cepat yang disiarkan sejumlah media nasional. Prabowo mengklaim sebagai pemenang Pilpres 2019 berdasarkan penghitungan internal jajarannya. Relawan pun diminta mengawal suara di daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan hasil hitung cepat hanya bisa dijadikan sebuah referensi. KPU akan mengumumkan hasil penghitungan suara sah pada 22 Mei 2019.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
Medcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker