Mantan Presiden Peru Tembak Kepala Sendiri Saat akan Ditangkap karena Korupsi

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan Presiden Peru Alan Garcia menembak dirinya sendiri di rumahnya kemarin ketika polisi hendak menangkapnya karena kasus korupsi.

Menurut keterangan pengacaranya, pria 69 tahun itu kini tengah menjalani operasi di Rumah Sakit Casimiro Ulloa, Ibu Kota Lima, akibat sebuah peluru bersarang di kepalanya.

Dikutip dari laman Arab News, Rabu (17/4), Menteri Kesehatan Peru Zulema Tomas mengatakan Garcia dalam kini masih dalam kondisi kritis.

“Kami harus menyadarkannya sampai tiga kali. Tiga kali jantung berhenti,” kata Tomas.

“Dia dalam kondisi rawan dan pemeriksaan sudah dilakukan,” kata Tomas seraya mengatakan peluru itu benar-benar masuk ke kepala Garcia.

Polisi hendak menangkap Garcia di rumahnya pukul 06.30 waktu setempat.

“Pagi ini ada kecelakaan yang sangat disayangkan: presiden menembak dirinya sendiri,” kata Erasmo Reyna, pengacara Garcia kepada wartawan di rumah sakit.

Garcia pernah menjadi presiden Peru pada 1985-1990 dan dia kembali menjabat pada 2006-2011. Dia diduga menerima suap dari perusahaan konstruksi Brazil Odebrecht dalam proyek pembangunan sarana publik.

November lalu dia menginap di Kedutaan Uruguay untuk meminta suaka politik tapi permohonannya ditolak.

Garcia adalah salah satu dari empat bekas presiden Peru yang terlibat skandal korupsi selain Pedro Pablo Kuczynski, Ollanta Humala, dan Alejandro Toledo.

Odebrecht mengaku menyuap pejabat Peru sebesar USD 29 juta dalam tiga masa pemerintahan.

Sejumlah uang suap itu diduga diserahkan di masa periode kedua Garcia menjabat presiden untuk mengamankan proyek pembangunan metro di Lima.

Media Peru melaporkan Garcia menerima bayaran USD 100 ribu dari Odebrecht untuk memberikan pidato kepada para pengusaha Brasil di Sao Paulo pada Mei 2012.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
Medeka
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker