Total WNI yang Mencoblos di Dili Capai 3.346 Orang

Abadikini.com, DILI –  Pemungutan suara pemilu luar negeri RI 2019 di Timor Leste dilakukan pada 13 April. Kehadiran pemilih dalam pemilu luar negeri mencapai 81,43 persen.

Adapun pemungutan suara Timor-Leste bertempat di tujuh Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di KBRI Dili. Pemungutan suara ini berlangsung sejak Pukul 08.00 hingga 21.45 waktu Indonesia Timur (WIT).

“Walaupun kondisi cukup ramai dan calon pemilih sempat berdesakan masuk ke KBRI Dili untuk memilih, namun proses pemungutan suara berlangsung aman, tertib, dan terkendali. Ini karena kerja sama yang baik, antara panitia pemilihan umum dan aparat Timor-Leste yang turut membantu mendukung jalannya proses pemungutan suara,” ujar Sekretaris Panitia Pemilihan Luar Negeri Dili, Eka Putra M. Mauboy, dalam keterangan tertulis PPLN Dili kepada Media, Selasa, 16 April 2019.

PPLN Dili sengaja membuka TPSLN di KBRI Dili hingga larut malam, yaitu hingga pukul 21.45 WIT, guna mengakomodir para WNI yang belum terdaftar dalam DPTLN, untuk dapat menggunakan hak pilihnya. Ini disebabkan para pendaftar yang belum terdaftar atau terlambat mendaftarkan diri akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus Luar Negeri (DPKLN), dan hanya dapat menggunakan hak pilih mereka selama sisa surat suara masih ada.

Namun, karena kebijakan perpanjangan waktu yang diambil oleh PPLN Dili tersebut, maka semua calon pemilih yang telah mengantri dan rela sabar menunggu gilirannya, dapat menyalurkan aspirasinya serta dilayani oleh petugas TPSLN dengan baik. Per Sabtu, 13 April 2019, pukul 22.00 WIT, jumlah DPKLN yang terdaftar memilih di KBRI Dili cukup tinggi, yaitu mencapai 1.173 orang, atau sekitar 41,77 persen dari total pemilih yang datang mencoblos, yang mencapai angka 2.808 orang.

Dari 3.480 surat suara yang tersedia, terdapat 2.808 orang pemilih yang hadir menggunakan hak pilihnya pada hari pemilihan, pada tujuh TPSLN KBRI Dili. Tingkat kehadiran WNI pemilih yang cukup tinggi tujuh TPSLN KBRI Dili, Timor-Leste, menyebabkan persentase kehadiran pemilih di distrik mencapai 80,68 persen.

“Pemungutan suara dengan KSKLN untuk 12 distrik selain Dili juga telah dilaksanakan pada hari Senin – Rabu, 8-10 April 2019. Dari 617 DPTLN yang terdaftar, terdapat 538 calon pemilih yang hadir menggunakan hak pilihnya di ke-12 distrik Timor-Leste, tingkat kehadiran WNI pemilih yang tinggi di 12 distrik Timor-Leste pada 10 KSKLN Timor-Leste, menjadikan persentase kehadiran pemilih di distrik mencapai 87,2 persen,” ucap Eka.

“Dapat disampaikan sesuai rekapitulasi PPLN Dili, dengan 3.346 surat suara terpakai dari 4.109 surat suara tersedia, maka total persentase kehadiran pemilih pada Pemilu Luar Negeri RI 2019 di Timor-Leste mencapai 81,43 persen,” katanya.

Mengutip dari Medcom.id, Dalam Pemilu Luar Negeri RI 2019 di Timor-Leste, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili telah mendaftarkan 4027 orang WNI dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), yang terdiri dari 2.667 orang pria dan 1.360 orang wanita. Sesuai dengan Peraturan KPU, pendaftaran DPTLN sendiri ditutup pada tanggal 15 Desember 2018 yang lalu.

“Untuk pengamanan, PPLN Dili dan KBRI Dili bekerja sama dengan Atase Pertahanan, Atase Polri, Petugas Pengamanan Pemilu dari Polri, dan aparat Polisi Nasional Timor Leste (PNTL) untuk menjaga kelancaran proses Pemilu Luar Negeri RI 2019 di Timor Leste,” imbuh Eka.

“Sekitar 32 orang personel PNTL telah diturunkan menjaga area KBRI Dili selama pemungutan suara berlangsung. Berkat kerja sama dan hubungan baik yang terjalin antara KBRI Dili dengan PNTL, maka ketertiban umum dan keamanan selama pemungutan suara dapat dijaga dengan baik,” tutur Eka.

Pemilih diberikan dua surat suara, yaitu satu surat suara untuk calon Presiden dan Wakil Presiden, dan satu surat suara untuk calon Anggota Legislatif. Sebagai informasi pemilih di luar negeri akan memilih calon anggota legislatif Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta II (Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan), yang akan memperebutkan tujuh kursi di DPR. Secara total ada 575 kursi DPR yang diperebutkan pada Pemilu tahun 2019, naik dari jumlah 560 kursi DPR pada Pemilu tahun 2014

Sesuai instruksi KPU RI, Penghitungan Surat Suara akan dilaksanakan secara serentak pada Rabu, 17 April 2019, di KBRI Dili pukul 15.00 WIT sampai selesai, menyesuaikan dengan kondisi Perwakilan RI setempat. PPLN Dili dan Anggota KPPSLN akan menghitung surat suara, dan merekapitulasi hasil penghitungan tersebut, untuk kemudian disampaikan kepada KPU RI secara aktual dan untuk penghitungan cepat atau quick count.

Editor
Irwansyah

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker