Survei LSI Denny JA: 47,6 Persen Anggota FPI Pilih Jokowi – Ma’ruf

Abadikini.com, JAKARTA – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan, anggota Front Pembela Islam (FPI) tidak solid mendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Suara pemilih dari kalangan FPI rupanya masih banyak yang mengarah ke Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin.

Hasil LSI Denny JA, Prabowo – Sandiaga mendapat elektabilitas sebesar 52,4 sampai 58,8 persen pada pemilih FPI. Sementara itu, Jokowi memperoleh elektabilitas sebesar 41,2 sampai 47,6 persen.

“Secara angka, memang tidak terlalu jauh. Tidak sampai dobel digit,” kata peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa di kantornya, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Ardian mengatakan Jokowi berhasil mengubah pandangan negatif umat terkait anti-Islam. Publik belakangan menilai Jokowi bersahabat dengan umat Islam sehingga pemilih dari kalangan FPI mulai bersimpati.

“Mengapa (ada FPI yang dukung)? Karena persepsi bahwa Jokowi-Ma’ruf tidak ramah Islam dan ulama, lambat laun semakin terkikis,” ungkap dia.

Berdasarkan temuan itu, Ardian menyanggah anggapan beberapa pihak yang menyebut FPI identik dengan Prabowo – Sandiaga. Sebab, hasil survei justru berkata sebaliknya.

“Jadi di pemilu ini dari FPI tak mutlak dukung Prabowo-Sandi tapi terbelah juga ke Jokowi-Ma’ruf,” katanya.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 18 hingga 26 Maret 2019. Survei melibatkan 1.200 responden yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia.

Survei ini menggunakan metode sampel acak bertingkat melalui wawancara tatap muka dan kuesioner dengan margin of error dari survei ini sebesar 2,8 persen.

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
JPNN

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker