Pembunuh Terampil Asal Persia Yang Sangat Legendaris

Abadikini.com – Selama akhir abad ke – 11, perintah Nizari Ismailies dibentuk di Persia dan Suriah oleh seorang pria bernama Hassan-i Sabbah. Ini adalah Hashshashin yang terkenal yang menangkap banyak benteng gunung dan menjadi ancaman bagi otoritas Sunni Seljuk di Persia.

Mungkin Hashshashin paling terkenal karena cara mereka menyingkirkan lawan-lawan mereka melalui pembunuhan yang sangat terampil. Bahkan, kata ‘pembunuh’ dikatakan berasal dari urutan ini.

Meskipun ada banyak cerita tentang Hashshashin, agak sulit untuk memisahkan fakta dari fiksi. Sebagai permulaan, banyak sumber tentang Hashshashin berasal dari sumber-sumber Eropa atau orang-orang yang bermusuhan.  Misalnya, menurut cerita yang didengar di orient oleh pelancong Italia, Marco Polo, Hassan akan meminum pengikutnya dengan hashish, dan menuntun mereka ke ‘surga’.

Ketika pengikutnya mendapatkan kembali perasaan mereka, Hassan akan mengklaim bahwa dia adalah satu-satunya yang memiliki sarana untuk memungkinkan mereka kembali ke ‘surga’. Dengan demikian, para pengikutnya benar-benar mengabdi kepada Hassan dan melaksanakan setiap keinginannya.

Namun demikian, ada beberapa masalah dengan cerita ini. Misalnya, penggunaan ganja mungkin merupakan kisah palsu. Tampaknya istilah hashshishi pertama kali digunakan oleh khalifah Fatimiyah al-Amir pada tahun 1122 sebagai referensi menghina untuk Suriah Nizaris.

Alih-alih secara harfiah berarti bahwa orang-orang ini mengambil obat hashish, itu seharusnya diambil secara kiasan, dan berarti ‘terbuang’ atau ‘rakyat jelata’. Istilah ini diterapkan oleh para sejarawan anti-Ismaili kepada Ismailiyah Suriah dan Persia, dan akhirnya menyebar melalui Eropa melalui tentara salib.

Bahkan reputasi Hashshashin sebagai pembunuh berdarah dingin mungkin dipertanyakan. Memang ada tokoh yang dibunuh oleh Hashashin di siang bolong. Mungkin salah satu korban paling terkenal mereka adalah Conrad of Montferrat, raja de facto Yerusalem pada akhir abad ke – 12 .

Pembunuhan Nizamal-Mulk oleh hashshashin/FOTO: Bahatur/wikipedia

Menurut sejarah, seperti dalam laman ancient-origins, Conrad dibunuh saat berjalan-jalan di halaman kota Tirus dengan rombongan ksatria yang dikirim. Dua hashshashin, yang menyamar sebagai biarawan Kristen, berjalan menuju pusat halaman, menikam Conrad dua kali, dan membunuhnya.

Meskipun tidak diketahui siapa yang menyewa hashshashin ini, sudah umum diklaim bahwa Richard the Lionheart dan Henry of Champagne bertanggung jawab. Apa yang lebih mengesankan daripada keberanian hashshashin mungkin adalah penggunaan ‘perang psikologis’ mereka secara efisien.

Dengan menanamkan rasa takut ke musuh mereka, mereka berhasil mendapatkan penyerahan musuh tanpa mempertaruhkan nyawa mereka sendiri. Pemimpin Muslim yang hebat, Saladin, misalnya, selamat dari dua hashshashin yang mencoba hidupnya. Namun demikian, ini menempatkannya dalam keadaan takut dan paranoia, karena takut akan upaya pembunuhan lebih lanjut.

Menurut satu cerita, pada suatu malam selama penaklukan Masyaf, di Suriah, Saladin bangun untuk mencari sosok yang meninggalkan tendanya. Di samping tempat tidurnya adalah scone panas dalam bentuk karakteristik hashshashin, bersama dengan catatan yang disematkan belati beracun.

Menurut catatan, dia akan dibunuh jika dia tidak mundur. Tak perlu dikatakan, Saladin memutuskan untuk menyelesaikan gencatan senjata dengan hashshashin. Meskipun ketiadaan hashshinsin dan keterampilan, mereka dihancurkan oleh Mongol yang menyerang Khwarizm. Pada 1256, kubu hashashshin, yang dulunya dianggap tak tertembus, jatuh ke tangan Mongol.

Meskipun hashshashin berhasil merebut kembali dan menahan Alamit selama beberapa bulan pada 1275, mereka akhirnya hancur. Dari perspektif sejarawan, penaklukan Mongol Alamut adalah peristiwa yang sangat signifikan, karena fakta bahwa sumber-sumber yang akan mampu menceritakan kisah dari sudut pandang hashshashin benar-benar hancur.

Bagi sudah tidak asing dengan dunia gim, kisah hashshashin sempat pula menjadi inspirasi dari gim Assasin Creed besutan Ubisoft.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker