Mengapa Sulit Mengucapkan ‘Aku Mencintaimu’?

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam sebuah hubungan romantis seseorang biasanya mengucapkan kalimat ‘Aku Mencintaimu atau I Love you’. Ungkapan itu tak lain sebagai tanda mengekspresikan perasaan terhadap orang yang ia sukai.

Meski tergolong mudah, toh ada beberapa orang yang sulit mengungkapkannya. Tak ayal membuat pasangannya merasa khawatir.

Kasus seperti ini memang kerap terjadi. Lantas apa yang sebenarnya mengapa seseorang begitu sulit mengungkapkan perasaan melalui kalimat Aku Mencintaimu? Berikut penjelasan pakar atau ahli percintaan seperti dilansir Refinery 29.

Seseorang yang sulit atau sangat lama untuk mengungkapkan ‘Aku Mencintaimu’ dalam suatu hubungan bisa saja terjadi karena pengalaman yang dialami sebelumnya. Maksudnya, ia pernah merasakan kenyataan pahit di luar ekspektasinya.

Dengan pengalaman seperti itu, memberi dampak pada hubungan berikutnya. Sehingga ia berhati-hati dalam mengungkapkan isi hatinya, sebelum melanjutkan ke hubungan yang lebih serius.

Seorang pakar Hubungan, Logan Levkoff, PhD mengatakan bahwa Anda mungkin memiliki hubungan masa lalu di mana kata ‘cinta’ dilemparkan dengan santai. Jadi Anda tidak ingin mengatakannya kepada orang baru yang Anda ingin menjali hubungan yang serius.

Levkoff mengatakan bahwa tidak ada salahnya untuk mengekspresikannya kembali. Walaupun secara tidak sadar kata cinta tersebut memberikan dampak yang traumatik bagi beberapa orang.

“Anda tidak suka bagaimana ‘cinta’ didefinisikan dalam hubungan masa lalu Anda, jadi itu memiliki konotasi negatif dalam pikiran Anda. Anda mungkin memiliki alasan yang sangat masuk akal untuk merasa aneh tentang kata ‘cinta’, tetapi bukan berarti Anda harus menahannya dari pasangan jika Anda memiliki perasaan itu,” tuturnya.

Memang mengucapkan “Aku mencintaimu” adalah cara paling praktis dan cepat untuk membuat pasangan merasa dicintai. Namun, sesungguhnya mengukur rasa cinta tidak hanya melalui cara itu semata.

“Aku mencintaimu’ menjadi sesuatu yang membuat seseorang tahu bahwa kamu aman dan dihormati,” kata Dr. Levkoff.

“Dalam situasi yang tepat, kata itu memberi kita kedamaian hubungan,” lanjutnya.

Banyak bahasa cinta yang bisa ditunjukkan untuk membuat pasangan merasa dicintai. Misalnya dengan melakukan hal-hal baik, membantu, memberi hadiah, dan masih banyak lagi.

“Beberapa pasangan mungkin menggunakan kata-kata kode atau pengganti yang berkonotasi hal yang sama dengan cinta,” tuturnya.

Jadi bila dia sulit atau belum mengungkapkan  “Aku Mencintaimu” bukan berarti dia tidak memiliki perasaan terhadap Anda. Yang terpenting adalah Anda bisa menyampaikan maksud Anda bahwa Anda benar-benar mencintai pasangan Anda baik secara verbal atau pun non-verbal.

Editor
Selly
Sumber Berita
Medcom

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker