Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Abadikini.com – Ubi jalar atau ketela rambat (sweet potato) dikenal sebagai bahan pangan pengganti nasi dan dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Ubi jalar dapat diolah menjadi penganan dan salah satunya adalah penganan kolak manis.

Dikutip Abadikini.com dari laman bogaunik.blogspot.com, Ternyata kolak ubi jalar manis tak bisa dianggap enteng karena selain sebagai penganan pengganti nasi juga kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sekaligus mencegah berbagai penyakit.

Selain rasanya enak plus mengenyangkan, ubi jalar mengandung zat dan nutrisi seperti karbohidrat, mineral, vitamin dan senyawa pentting lainnya. Karbohidrat merupakan sumber energi kimia sehingga dapat menambah enegri untuk melakukan berbagai aktivitas.

Mineral yang diakndung ubi jalar antara lain; zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, potassium, zinc dan lysine. Selain itu vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 adalah unsure vitamin dalam ubi jalar.

Nah, penelitian menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dan zat yang terdapat pada ubi jalar dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Vitamin A yang cukup tinggi dan beta karoten (pembentuk vitamin A) dapat menyehatkan mata.

Bahkan mengkonsumsi ubi jalar dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung beta karoten, vitamin C dan senyawa antioksidan.

Tentu saja kita tidak lagi menganggap enteng ubi jalar saat mengetahui kandungan zat dan nutrisi dalam ubi jalar. Selainkan pengganti nasi dan mengenyangkan perut, camilan ubi jalarjuga bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah penyakit.

Editor
Sulasmi
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker