Tip Membuat Password yang Sulit Ditebak, Tapi Mudah Diingat

Abadikini.com – Kata kunci atau password adalah pengaman utama berbagai akun media sosial, email, atau akun layanan apapun yang digunakan pengguna di internet. Tapi, seringkali kita memiliki keterbatasan untuk mengingat semua password yang kita buat untuk puluhan akun yang kita miliki.

Maka, tak jarang pengguna berakhir menggunakan password yang sama untuk berbagai akun miliknya. Bahayanya, jika password ini ketahuan atau tercuri, maka pencurinya bakal dengan mudah membobol akun-akun lain milik pengguna, seperti disebutkan peneliti Kaspersky Lab.

“Lebih dari 700 juta alamat email dan kata sandi yang tidak terenkripsi baru-baru ini, data dari berbagai kebocoran dapat dengan

mudah digabungkan dan digunakan dalam serangan pengisian kredensial, di mana peretas menggunakan kombinasi email/kata sandi korban untuk membobol akun pengguna lainnya yang memiliki kata sandi yang sama,” seperti tertulis dalam siaran pers Kaspersky (19/2).

Beberapa peneliti keamanan menyarankan untuk kerap mengganti kata sandi yang digunakan. Namun, kreativitas untuk membuat kata sandi seringkali terbentur dengan terbatasnya memori untuk mengingat kata sandi yang baru saja dibuat. Berikut sejumlah tip untuk membantu membuat kata sandi unik yang kuat dan mudah diingat:

  1. Buat sebuah bagian kata sandi yang akan selalu ada dalam tiap kata sandi yang akan dibuat di berbagai akun.
  2. Pikirkan sebuah lirik lagu, kutipan dari film, sajak, atau kalimat apa saka yang disukai. Misal, lagu Bintang Kecil.
  3. Ambil huruf pertama dari tiga hingga lima kata pertama kalimat yang sudah dipilih. Untuk lagu bintang kecil berarti “bintang kecil di langit yang biru”
  4. Tambahkan karakter khusus di antara setiap huruf yang diambil, misal karakter @ atau #. Sehingga jika dirangkai dengan kata sebelumnya akan menjadi B#K#D#L#Y#B
  5. Tambahkan suatu kata yang khas dengan akun layanan yang tengah dibuat passwordnya. Misal membuat password untuk Facebook yang kental dengan warna biru, maka passwordnya bisa menjadi B#K#D#L#Y#BBiru

Cara ini bisa membuat password Anda lebih kuat, membuat password berbeda untuk tiap akun, dan sulit ditebak. Namun kata kunci ini lebih mudah diingat, karena memiliki sistem yang bersifat pribadi dalam kata kunci itu.

Editor
Bobby Winata
Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker