Penceramah Diminta Tak Sebar Kebencian Lewat Ativitas Dakwahnya

Abadikini.com, JAKARTA – Para penceramah diminta untuk tidak menyebarkan kebencian lewat aktivitas dakwahnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Kami menolak dan melawan dengan tegas segala bentuk praktik provokasi, ujaran kebencian, fitnah, makar, kebohongan dalam aktivitas penyampaian khutbah Jumat atau dakwah,” kata Deklarator Wadah Silaturahim Khatib Indonesia (Wasathi) Arif Fahrudin.

Arif menuturkan, risalah Islam mengajarkan, penyampaian dakwah sesuai karakter yang moderat, berkedamaian, kontekstual dan berkomitmen untuk memadukan semangat agama dengan kebangsaan.

Beragama Islam harus sesuai dengan prinsip rahmat untuk alam semesta, yaitu secara ramah, toleran, moderat, dan tegas dalam pluralitas suku, agama, ras, serta antar golongan.

Seiring dengan hal itu, mengamalkan Islam juga harus sesuai dengan pedoman Al Quran, sunah, hukum, dan perundang-undangan yang berlaku.

“Integrasikan nilai-nilai ke Islaman dan ke Indonesiaan dalam setiap lini kehidupan dan lapisan masyarakat demi kehidupan nasional yang penuh kebijakan dan kerukunan,” kata dia.

Arif juga mengajak umat dan masyarakat untuk secara konsisten menjadikan ulama sebagai pandu dan guru dalam kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker