5 Jenis Nyamuk yang Juga Harus Diwaspadai Selain Aedes Aegepty

Abadikini.com – Peningkatan jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) belakangan ini telah membuat banyak orang mewaspadai persebaran nyamuk aedes aegepty. Namun tahukah kamu bahwa ternyata terdapat lima jenis nyamuk lain yang patut diwaspadai.

Kepala Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman (UKPHP) dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Drh Upik Kesumawati, menjabarkan beberapa jenis nyamuk selain Aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, selain DBD. Berikut empat jenis nyamuk yang disinggung Upik dalam diskusi Lengkapi Langkah Perlindungan 3M Plus Agar si Kecil Bebas Main Tanpa Nyamuk.

1. Aedes albopictus

Sama seperti Aedes aegypti, nyamuk Aedes albopictus juga menularkan penyakit DBD. Perbedaannya, nyamuk ae.albopictus mengisap darah di luar rumah atau ruangan.

2. Culex quinquefasciatus

“Nah nyamuk ini juga disebut sebagai nyamuk rumah atau house mosquito,” kata Upik. Nyamuk ini beraktivitas di malam hari.

Upik, menambahkan, culex merupakan jenis nyamuk pembawa virus penyakit filariasis atau kaki gajah.

“Culex banyak berkembang biak atau bertelur di selokan-selokan,” Upik menambahkan.

3. Anopheles

Nyamuk anopheles merupakan nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria. “(Nyamuk) ini biasa berada di wilayah rural atau pedesaan,” kata Upik.

4. Mansonia uniformes

Meski memiliki nama yang cantik, nyamuk mansonia menyebabkan virus filariasis. Nyamuk ini menetap di wilayah pedesaan.

“Habitatnya berada di kolam-kolam yang memiliki tanaman air,” ucap Prof. Upik.

5. Armigeres subalbatus

Nyamuk armigeres berkembang biak di selokan pembuangan air besar atau septi tank.

“Armigeres tidak berperan sebagai vektor yang berbahaya, tetapi menganggu [karena gigitannya yang menyakitkan],” Upik mengungkapkan.

Editor
Nabila Sarah
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker