Peringati Milad HMI ke- 72 Tahun, Badko HMI Jabodetabeka Banten Gelar Himpun Tulisan Orasi dan Baca Puisi Damai

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam rangka memperingati milad Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke- 72 Tahun, Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabodatabeka-Banten akan mengadakan gelar panggung orasi dan puisi damai. Acara digelar pada 7 Februari 2019, kegiatan tersebut berupa penghimpunan berupa tulisan orasi dan baca puisi damai dari kader HMI se- Nusantara.

“Acara milad ini bertemakan Indonesia Menangis Rakyat Menjerit,” tutur Ketua Umum HMI Badko Jabodatabek-Banten, Hendra Purwanto.

Pengurus HMI Badko akan menyatukan program advokasi kebijakan publik dan milad HMI. Hendra mengharapkan rakyat bisa ikut serta dalam rangkaian itu. “Baik Kader MI Se-Nusantara, Organisasi Cipayung Plus dan BEM Kampus di wilayah Indonesia bisa mengirim esai dan puisi yang nantinya akan disampaikan di panggung pada tanggal 5 Februari nantinya,” kata Ketum Badko HMI ini.

Selain itu Ketua Bidang Eksternal Badko HMI Jabodetabeka-Banten yang akrab disapa Eka menambahkan “Acara puncak milad berlangsung pada hari Minggu, 5 Februari 2019 di depan Istana Kepresidenan. Pada saat itu, semua kader se Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Banten serta seluruh kader Se-Nusantara akan menyatu dengan penyair dan orator. Aksi damai “Masyarakat Menjerit” adalah upaya mengingatkan kembali peran pemuda, khususnya HMI untuk mengawal pemerintahan”, ucapnya.

 

“Kita akan berupaya menghadirkan Dika, kader HMI Cabang Bengkulu yang ditembak oknum polisi saat demonstrasi untuk berpartisipasi aktif dalam Indonesia Menangis Rakyat Menjerit,” tegas Eka.

Kehadiran kader-kader yang terluka saat aksi adalah bentuk mengingatkan pemerintah atas jaminan menjaga seluruh tumpah darah Indonesia dalam Pembukaan UUD NRI 1945. “Orator yang pernah terluka adalah bukti negara belum memenuhi penegakan hukum, Ham dan keadilan,” ujar Eka.

Untuk diketahui, milad HMI pada tahun ini menandakan usia 72 tahun. Sejak Lafran Pane beserta kawan-kawannya mendirikan HMI pada 5 Februari 1947 sampai sekarang. HMI masih berpegang teguh pada perjuangan awal, yaitu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan turut aktif menyiarkan agama Islam.

Program Indonesia Menangis Rakyat Menjerit merupakan bagian dari kritik damai warga negara kepada pemerintah. Selain dari panggung orasi dan puisi, Kumpulan karya itu akan diterbitkan menjadi buku Badko HMI Jabodatabek-Banten akan menyebarkan buku Indonesia Menangis Rakyat Menjerit keseluruhan cabang HMI, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Editor
Muhammad Nauval

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker