Menlu Retno: Indonesia Akan Terus Bersama Palestina Sampai Merdeka

Abadikini.com, PADANG – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina sampai merdeka melalui kancah diplomasi internasional.

Penegasan itu disampaikan pada kuliah umum dengan tema Kiprah Diplomasi Indonesia di Universitas Andalas dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rektor Unand Tafdil Husni dan undangan lainnya.

Pada pertemuan di Dewan Keamanan PBB, Retno menyampaikan Indonesia secara tegas menyatakan tidak ada pilihan lain untuk menyelesaikan persoalan konflik Palestina dan Israel selain solusi dua negara.

“Pada 22 Januari 2019 saya berada di Dewan Keamanan PBB dan ikut dalam debat terbuka soal Palestina, saya meyakini Palestina ada dalam pikiran dan hati seluruh masyarakat Indonesia. Solusi dua negara hanya satu-satunya pilihan sehingga Indonesia terus menyuarakan,” ujar dia di Padang, Sabtu (2/2). Seperti dilansir Antara via Merdeka.

Sehari usai pertemuan itu, Kementerian Luar Negeri Palestina mengeluarkan rilis secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Indonesia, atas pernyataan yang disampaikan di depan Dewan Keamanan PBB.

Retno menegaskan, selama ini Indonesia telah mendukung Palestina mulai dari pemberikan beasiswa oleh perguruan tinggi hingga penanganan pengungsi Palestina yang mencapai lima juta orang.

“Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina ini adalah amanah konstitusi, mendukung Palestina adalah mendukung keadilan dan ini juga menyangkut soal kemanusian dan ketaatan hukum internasional dan resolusi PBB,” kata dia.

Menurut Menlu, sudah cukup banyak resolusi PBB yang dilanggar. Indonesia tidak akan tinggal diam.

“Kendati jalan panjang dan terjal masih akan dihadapi oleh bangsa Palestina tetapi Indonesia tidak akan menyerah untuk mendukung perjuangannya untuk terus bersama sampai merdeka,” katanya.

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker