Facebook Berantas Ribuan Akun Terkait Saracen di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Facebook mengumumkan telah menghapus sekitar 1.700 akun, laman, dan grup yang diduga terkait Saracen atau kelompok penyebar hoaks serta ujaran kebencian (hate speech) di Indonesia.

Facebook mendasarkan pada laporan Kepolisian RI pada 2016 bahwa akun-akun tersebut terlibat dalam coordinated inauthentic behaviour.

Dalam laporan Facebook, terdapat 207 halaman, 800 akun, 546 grup dan 208 akun Instagram yang dinilai menjadi bagian dari kelompok Saracen.

“Akun-akun dan laman-laman ini aktif bergerak untuk menyembunyikan apa yang mereka lakukan dan mereka berkaitan dengan kelompok Saracen, sebuah sindikat online di Indonesia,” kata Kepala bidang keamanan siber Facebook Nathaniel Gleicher, lansir Reuters, Jumat (1/2)

Gleicher mengatakan berdasarkan investigasi Facebook, para agen Saracen bekerja dengan modus menyasar dan meretas atau merampas akun-akun orang lain.

Meski demikian Gleicher menegaskan bahwa akun-akun sindikat Saracen ditutup bukan karena konten yang mereka sebar, tetapi karena penipuan yang mereka lakukan dalam Facebook.

Komitmen perang terhadap kelompok Saracen dan sejenisnya yang telah menyalahgunakan paltform Facebook memang menjadi fokus mereka. Saat ini, Facebook telah mempekerjakan 30 ribu orang di bidang keselamatan dan keamanan, tiga kali lebih banyak dibanding 2017, seperti dikutp dari JPNN.

Editor
Selly
Sumber Berita
JPNN

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker