KPU: Najwa Shihab Jadi Moderator Baru Usulan TV Penyelenggara

Abadikini.com, JAKARTA –  KPU menanggapi santai keberatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengenai sosok Najwa Shihab sebagai moderator debat kedua pada 17 Februari 2019. KPU menyebut munculnya nama Najwa merupakan usulan dari televisi (TV) penyelenggara debat.

“Yang menominasikan Mbak Nana (Najwa Shihab) bukan KPU, tapi TV penyelenggara,” ucap Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2019).

Selain Najwa, ada pula nama Tommy Tjokro yang juga ditolak Prabowo-Sandiaga. TV penyelenggara debat kedua memang sudah ditentukan KPU yaitu RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Setelah mendapat usulan itu, Wahyu mengaku menawarkannya ke kedua kubu tetapi dari Prabowo-Sandiaga menolak.

“Disampaikan kepada paslon (pasangan calon) ini gimana, ini gimana. Ya silakan saja (kalau keberatan),” sambungnya.

Wahyu pun menyebut bila KPU masih memiliki daftar calon moderator lainnya. Nama-nama itu disebut Wahyu berasal dari berbagai media. Wahyu pun menyebut sudah ada nama yang ditentukan.

“Tapi kita udah punya daftar soal calon-calon moderator, yang semuanya kelima debat dari insan media,” tuturnya.

Wahyu mengatakan penentuan moderator harus dilakukan melalui koordinasi kepada masing-masing pasangan capres-cawapres sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Sebelumnya BPN Prabowo-Sandiaga menolak Najwa sebagai moderator karena dinilai berpihak.

“Mengenai rencana KPU untuk menunjuk moderator dalam debat, kami mengingatkan KPU agar jangan menunjuk moderator yang terindikasi berpihak. Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar, seperti Najwa, terindikasi tidak netral di 2014,” ucap juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade.

Editor
Novel D
Sumber Berita
Detik.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker