Studi: Begini Cara Berhenti Merokok Yang Tepat

Abadikini.com – Lebih dari 90 % orang yang mencoba berhenti merokok, akan mulai menghisap rokok lagi meskipun mereka sudah berusaha. Untuk melakukannya, harus menyiapkan mental terlebih dulu.

Para ahli menilai, berhenti merokok dianggap sebagai salah satu upaya paling sulit ditempuh. Kabar baiknya, penelitian dan praktik di lapangan memberi harapan bagi mereka yang ingin menghentikan kecanduannya.

Sejumlah ilmuwan telah meneliti metode apa yang dapat membantu seseorang berhenti merokok secara efektif, setidaknya selama waktu tertentu.

Insentif Keuangan
Keuntungan finansial dari berhenti merokok bisa menjadi pilihan pertama, khususnya jika Anda berisiko kehilangan uang banyak karena terus merokok.

Sebuah studi yang dimuat di New England Journal of Medicine menunjukkan hasil menjanjikan terkait keuntungan finansial ini. Penelitian melibatkan 2.500 perokok yang terdaftar dalam program CVS Caremark.

Peneliti menemukan, orang-orang yang mendapat insentif keuangan untuk berhenti mencatat keberhasilan luar biasa, setidaknya setelah 12 bulan mencoba.

Program paling sukses adalah ketika peserta mendapat insentif 150 USD di awal dan dijanjikan tambahan 650 USD apabila berhasil berhenti merokok.

Mereka juga mendapat akses ke program konseling gratis dan ditawarkan terapi pengganti nikotin seperti permen karet atau patch. Pada akhir penelitian, tercatat 52,3 % peserta terbebas dari rokok.

Kelompok terbesar berikutnya mendapat insentif 800 USD dan sumber daya lainnya. Hanya 17,1 % peserta yang sukses dengan insentif lebih besar tapi tak ada potensi kerugian bagi mereka.

Disiplin
Studi menunjukkan, hanya sekitar 4-7 % perokok dapat berhenti tanpa bantuan tambahan. Jika Anda ingin mencoba metode ini, harus siap mental lebih dulu dan benar-benar berkomitmen untuk berhenti serta menahan gejala kecanduan.

Para anggota di QuitSmokingCommunity.org menyarankan Anda minum air putih ketika gejala mulai timbul. Atau, alihkan perhatian Anda pada sesuatu yang lain. Misalnya, pergi berjalan-jalan.

Coba bernapas dalam-dalam dan berpikir tentang tekad Anda berhenti. Ini akan sulit, tapi perasaan itu segera berlalu.

Hal lain yang bisa membantu, mintalah dukungan. Biarkan teman-teman dan keluarga tahu, bahwa Anda sedang mencoba berhenti merokok, sehingga mereka menyemangati Anda.

Ajak Pasangan
Ini khusus bagi pasangan perokok. Cinta dapat membantu Anda melalui fase sulit berhenti merokok, menurut studi yang dimuat di jurnal JAMA Internal Medicine.

Hampir 50 % pria bisa berhenti merokok jika pasangannya ikut berhenti. Bandingkan dengan hanya 8 % keberhasilan pada pria yang pasangannya masih merokok.

Terapi Pengganti Nikotin
Inhaler, semprotan hidung, pelega tenggorokan, gusi dan patch kulit yang mengandung sedikit nikotin dalam jumlah terukur, memang dirancang untuk membantu mengatasi kecanduan.

Sebuah tinjauan literatur ilmiah yang mengevaluasi lebih dari 150 tes berbeda dengan lebih dari 50.000 orang pengguna menunjukkan, perokok bisa berhenti dari kecanduannya jika mereka lebih sering menggunakan alat-alat tersebut.

Editor
Muhammad Irwa
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker