Ditolak Tetangga karena Kasta, Remaja India Terpaksa Bawa Jasad Ibunya dengan Sepeda

Abadikini.com, KARLABAHALI – Seorang remaja di India terpaksa membawa jasad ibunya ke tempat peristirahatan terakhirnya dengan menggunakan sepeda karena para tetangga menolak untuk membantunya.

Remaja yang diketahui bernama Saroj itu direkam berjalan telanjang kaki sejauh 5 kilometer dengan jasad sang ibu diletakkan di atas sepedanya. Dia membawa jasad itu ke hutan di mana dia menggali sebuah lubang dan menguburkannya.

Dia kini menjadi yatim piatu setelah ayahnya meninggal dunia saat Saroj berusia tujuh tahun.

Pemuda berusia 17 tahun itu sebelumnya telah berbicara untuk mencoba meminta bantuan dari tetangganya di Karlabahali, Odisha, India, setelah ibunya yang berusia 45 tahun jatuh pingsan dan meninggal saat berjalan untuk mendapatkan air.

Dia meminta warga setempat membantunya mengkremasi jasad sang ibu, tetapi permintaan itu ditolak karena Saroj berasal dari kasta yang rendah.

Dalam rekaman video yang memilukan, seorang pria bertanya apa yang dibawa Saroj di sepedanya. Dia menjawab dengan lirih: “ini ibu saya”.

Menurut laporan BBC yang dilansir Mirror, Minggu (20/1/2019), sistem kasta di India telah ada sejak 3.000 tahun lalu. Kasta dibagi berdasarkan karma (perbuatan) dan dharma (kesalehan) untuk agama Hindu.

Sistem ini masih digunakan di daerah-daerah terpencil di India meski undang-undang di negara itu telah melarang diskriminasi berdasarkan kasta sejak 1950-an.

Editor
Fathoni
Sumber Berita
Okezone

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker