Kebun Raya Batam, Destinasi Wisata Baru di Kepulauan Riau

Abadikini.com, BATAM – Kepulauan Riau (Kepri) punya destinasi wisata baru, Kebun Raya Batam, yang didirikan sekaligus untuk melindungi keanekaragaman hayati.

“Ini akan menjadi bagian dari paket-paket wisata yang ditawarkan oleh industri. Ini juga akan menjadi bagian kami untuk terus mendukung Kementerian Pariwisata untuk meraih target 20 juta wisman di 2019. Lokasi ini sangat layak dipublikasikan. Karena bukan hanya sebuah destinasi, namun juga ada unsur edukasinya,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, Senin (23/12).

Kebun Raya Batam diresmikan pada Sabtu sebagai rangkaian perayaan HUT Kota Batam ke-189. Acara peresmian ditandai dengan penanaman pohon nibun sebagai maskot Kebun Raya Batam serta pelepasan 189 ekor burung merpati.

“KRB berada di kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Sangat dekat dengan resor dan pelabuhan. Sangat ideal dikunjungi wisatawan. Silakan datang ke Kebun Raya Batam, Anda akan ketagihan,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Boeralimar, mengatakan ini adalah kabar gembira pariwisata di Kepri. Sebab semakin banyak atraksi dan destinasi akan membuat wisman punya banyak pilihan ke Kepri.

“Seperti apa yang selalu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya, berkembangnya sebuah daerah wisata karena bertumbuhnya akses, amenitas, dan atraksi di daerah. Kebun Raya Batam ini adalah sebuah kabar menggembirakan untuk perkembangan pariwisata di Kepri,” paparnya.

Kebun Raya Batam memiliki 2.500 koleksi tanaman dan 9.700 bibit yang belum ditanam. Adapun bibit-bibit yang sudah ditanam adalah 500 pohon ketapang kencana.

“Kita juga harus terus menggenjot unsur brandingadvertising, dan selling. Saat ini kita sudah masuk tahap selling. Semua unsur harus kompak dan bersama-sama memajukan pariwisata. Saya yakin Kebun Raya Batam bisa ditawarkan kepada wisatawan,” katanya.

Pemerintah Indonesia telah menaruh perhatian besar terhadap upaya-upaya konservasi sumber daya hayati. Baik secara in-situ (di habitat alaminya) maupun ex-situ (di luar habitat alami).

Pada kesempatan berbeda, Menteri Pariwisata Arief Yahya turut gembira dengan kabar tersebut. Baginya, Kebun Raya Batam bisa menjadi produk ekowisata yang keren dan sangat mungkin bisa dijual ke Singapura dan Malaysia. Apalagi destinasi ini bisa dicapai dalam waktu 45 menit via laut.

“Selamat atas diresmikannya Kebun Raya Batam. Harus terus dilestarikan karena pariwisata semakin dilestarikan juga semakin menyejahterakan. Harus dijaga bentang alam kita,” katanya.

Arief juga mengaku semangat mengembangkan ekowisata. Menurutnya, Kebun Raya Batam akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Batam.

“Kepri memiliki 2.408 pulau besar dan kecil yang bisa disinggahi wisatawan dari negeri tetangga. Belum lagi panorama alam bawah laut yang mempesona dari mulai Anambas, Pulau Abang, Pulau Petong, Pulau Hantu hingga Pulau Labun yang menyimpan keindahan bawah laut yang indah,” katanya. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker