Tutup Program 100 Hari Kerja, Gubernur Ridwan Kamil Hibah 13 Bus Wisata

Abadikini.com, BANDUNG –  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghibahkan 13 unit bus pariwisata kepada 13 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Pemberian bus kembaran Bandros ini sekaligus penutup aktivitas program 100 hari kerja.

Sejumlah 13 daerah yang menerima bus itu, di antaranya Kota Cimahi, Kabupten Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Hari ini kita mengakhiri program 100 hari yaitu dengan memperlihatkan pariwisata, dengan menghibahkan 13 bus pariwisata dengan nama terserah masing-masing,” ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil, usai penyerahan bus di Gedung Sate Kota Bandung, Sabtu, (22/12/2018).

Menurut dia, 13 daerah pertama sebagai penerima cocok untuk mengoperasikan bus pariwisata karena memiliki potensi pariwisata di pusat perkotaan. Salah satu penerima yaitu Kota Cimahi. Pemerintah Kota Cimahi menamakan bus tersebut dengan Sakoci (Saba Kota Cimahi), dengan sasaran wisata sejarah militer.

“Tujuannya diberikan kepada kabupaten, kota yang punya potensi pariwisata perkotaan, misalnya Sumedang buat alun-alunnya bukan untuk aprak-aprakan ke gunung, ke mana, tapi bus ini untuk perkotaan,” katanya.

Dikutip dari Viva, Emil menyerahkan sepenuhnya kepada Dishub dan Organda setempat, untuk menerapkan rute dan tarif, dengan syarat sesuai aturan. “Masing-masing, kita hanya menyerahkan setelah itu biasanya organda dan dishub yang menyelenggarakan rute dan operasionalnya mau gratis, mau bayar terserah, sesuai aturan,” ujarnya.

Spesifikasi bus pariwisata ini yaitu mesin Mitsubishi FE 84G BC dengan panjang 7.200 meter, tinggi 3.200 meter dan lebar 2.200 meter. (ak/viva)

  • 29
    Shares
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button