42,8% Masyarakat di 9 Provinsi Masih Percayai soal Isu Kebangkitan PKI Lewat Medsos

Abadikini.com, JAKARTA – Beredarnya soal isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang marak di media social (Medsos) rupanya masih dipercayai penuh oleh sejumlah masyarakat. Demikianlah dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Survei dilakukan di 9 Provinsi yang termasuk dalam kategori provinsi intoleran yakni, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Aceh, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta dan Banten. Adapun jumlah sampel sebanyak 1800 responden dengan margin error 2,4%.

Dalam survei yang dilakukan, sebanyak 54,1% responden mengetahui mengenai berita terkait PKI. Dari jumlah itu, 42,8% percaya mengenai kebenaran berita yang beredar di media sosial tersebut.

“Hal ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap tumbuhnya intoleransi dan radikalisme di Indonesia. Padahal, kebenaran terhadap berita tersebut sampai sekarang tidak dapat dibuktikan,” kata Koordinator Tim Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI, Cahyo Pamungkas dalam seminar Studi terhadap Intoleransi dan Radikalisme di Indonesia, di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Selain isu PKI, sebanyak 42,6% responden mengetahui tentang berita yang mengatakan ulama dikriminalisasi oleh negara. Dari jumlah itu, 52,9% responden percaya terkait isu tersebut.

Bahkan, berita mengenai teori bumi datar juga dipercayai masyarakat. Sebanyak 18,2% mengetahui berita tentang teori tersebut. 22,6% responden diantaranya mempercayai berita bahwa bumi datar.

“Jika terus dibiarkan, berita-berita yang tersebar secara masif ini dapat secara tidak sadar dianggap sebagai suatu kebenaran di masyarakat,” jelasnya. (ak/mi)

 

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker