Sekjen PSSI Angkat Bicara Mengenai Jadwal Kompetisi Bentrok dengan Piala AFF

Abadikini.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, menyebut bukan keinginan mereka untuk tetap menggelar kompetisi di saat Tim Nasional (Timnas) Indonesia berjuang di Piala AFF 2018. Ratu Tisha mengaku sudah tahu kompetisi akan bentrok dengan penyelenggaraan Piala AFF 2018 sejak mereka mengadakan kongres pada awal tahun ini.

Bukannya PSSI tidak tanggap untuk mencari cara agar kompetisi dapat selesai sebelum Piala AFF 2018 resmi bergulir. Segala cara sudah dilakukan induk organisasi sepakbola Indonesia itu. Akan tetapi, karena Indonesia menjadi tuan rumah di 10 event internasional tahun ini, sulit bagi PSSI untuk menyelesaikan Liga 1 2018 tepat sebelum Piala AFF dimulai.

“Bukan keinginan PSSI menyelenggarakan kompetisi di tengah Piala AFF. Ketika Kongres PSSI, kami sudah jelaskan, di situ sudah tertulis agenda PSSI, seperti sepuluh turnamen Internasional dengan Indonesia menjadi tuan rumah,” ujar Ratu Tisha mengutip dari Goal Indonesia, Rabu (21/11/2018).

“Ada AFF Girl, AFF Women, AFF U-16, AFF U-19, AFF Club Futsal, AFF Futsal, AFF Beach Soccer, AFC Cup Futsal Championship, AFC U-19, yang terakhir Asian Games. Tidak ada negara di dunia yang berhasil menggelar sepuluh event internasional dalam satu tahun. Ini menjadi pencapaian PSSI yang mendapatkan pujian dari AFC,” lanjut perempuan berusia 32 tahun itu.

Media-media asing menyoroti kompetisi sepakbola di Indonesia yang tetap berjalan, meski Evan Dimas dan kawan-kawan sedang berjuang di Piala AFF 2018. Bahkan di hari yang sama saat Indonesia menghadapi Thailand, ada empat pertandingan yang digelar di Liga 1 2018.

Hal itu berbeda dengan negara-negara teras di Asia Tenggara, yang mana kompetisi sepakbola mereka sudah selesai menyelenggarakan pertandingan sebelum tTmnas mereka turun di Piala AFF 2018. Karena itu, PSSI wajib mencontoh negara lain agar alur kompetisi sejalan dengan FIFA Matchday atau turnamen lain. (dor.ak/okz)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker