Hoaks Makin Marak, Video Gempa Balukumbar adalah Hoaks yang Meresahkan

Abadikini.com, JAKARTA – Membajak dan memperalat sosial media untuk menyebarkan kabar bohong (hoaks) yang bertujuan membuat panik masyarakat kian menjadi.

Pagi ini, Selasa (9/10/2018) kembali sekelompok orang yang tidak diketahui identitasnya dengan sengaja memposting dan memviralkan video gempa bumi dengan judul Detik-Detik Gempa Balukumbar.

Seperti diketahui video yang diposting dan sengaja diviralkan tersebut merupakan video yang menggambarkan detik-detik terjadi musibah gempa bumi di Palu, Jumat (28/9/2018) yang lalu.

Entah apa motif dan tujuan pihak-pihak yang sengaja memviralkan video Gempa Palu dengan diberi judul Detik-Detik Gempa Balukumbar. Ada dugaan, tindakan ini sengaja dilakukan untuk membuat panik masyarakat dan mendeligitimasi pemerintah.

Faktanya, dari hasil penelusuran redaksi Abadikini.com di Google tidak ada nama Balukumbar di wilayah kedaulatan Republik Indonesia.

Dari hasil pendalaman redaksi Abadikini.com video berjudul Detik-Detik Gempa Balukumbar yang diupload di Youtube dan sengaja diviralkan tersebut rupanya merupakan video yang sama dengan video Gempa Palu.

Semoga aparat kepolisian dapat segera mengungkap dan menangkap para pelaku video pengunggah video Detik-Detik Gempa Balukumbar yang telah meresahkan masyarakat ini.

Simak dan perhatikan dengan seksama sejumlah kejanggalan dari video Detik-Detik Gempa Balukumbar di bawah ini :

Inilah video Gempa Palu yang dipelintir menjadi hoaks Gempa Balukumbar

(beng.ak)

 

 

 

  • 42
    Shares
Topik Berita

Baca Juga

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com