Kisah Nyata Umat Muslim Bangun Gereja di Desa Alila Timur Siap Difilmkan KOMPILER

Abadikini.com, KALABAHI – Komunitas Perfilman Alor (KOMPILER) telah sukses garap Film bertajuk kemerdekaan dengan tema Indonesia Jayalah, selanjutnya komunitas ini tertarik untuk menggarap film baru dengan tema kisah nyata Umat Muslim Alor bangun gereja Ismael di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Rencana agenda kami kedepan akan mengangkat sebuah kisah nyata tentang toleransi di Alor, dimana kami akan mengangkat kisah nyata basodara muslim saat membangun gereja di Alila Timur, khususnya Gereja Ismael,” kata Ketua KOMPILER, Samuel H. Kallawaly dalam rilisnya yang diterima Abadikini.com, Senin (27/8/2018).

Menurut Kallawaly, Alor sangat terkenal dengan kisah-kisah toleransinya, bahkan telah memperoleh pengakuan dari Pemerintah Pusat, berupa Harmony Award, yang diserahkan langsung oleh Menteri Agama, sehingga topik toleransi perlu diangkat dalam bentuk film pendek.

“Kita perlu mengemas hal-hal yang  positif di Alor, sehingga dapat juga diketahui oleh masyarakat luas, dan salah satu cara adalah mengemasnya dalam bentuk film pendek. Dan Kami dalam minggu ini sudah mulai lakukan survey lokasi. Nantinya kami akan buat diskusi dengan tokoh-tokoh kunci dan sejarawan disana,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Kallawaly, rencananya ada dua jenis film sekaligus yang akan diproduksi, yakni film dokumenter, berdasarkan hasil pertemuan dengan para tokoh masyarakat, maupun film pendek, dan dua film ini akan dilaunching bersama.

“Dalam waktu dekat, setelah melakukan survey dan penggalian data, kami akan menyusun script cerita, dan akan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan berbagai pihak. Setelah itu baru kami akan membuka casting artis kepada masyarakat Alor yang berminat untuk menjadi artis film ini. Kalau waktu semua proses ini belum dipastikan kapan bisa selesai. Yang jelas butuh waktu dan biaya yang besar. Untuk itu kami meminta dukungan dari semua masyarakat Alor agar kedepan film ini bisa berhasil dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat Alor,” pungkasnya. (ak.humas)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker