Bungkam Timor Leste 3-0, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF U-16 2018

Abadikini.com, SIDOARJO – Timnas Indonesia U-16 ditahan imbang Timor Leste 0-0 di babak pertama dalam lanjutan turnamen Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (4/8).

Timnas Indonesia U-16 melakukan sejumlah perubahan saat melawan Timor Leste di pertandingan keempat Grup A Piala AFF U-16 2018.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini memasukkan nama Kartika Vedhayanto Putra untuk menggantikan Amiruddin Bagas Kaffa yang absen karena mendapat kartu merah saat melawan Vietnam di laga sebelumnya.

Selain itu ada juga Yadi Mulyadi dan Hamsa Lestaluhu yang dimainkan Fakhri Husaini untuk membantu serangan, menemani Amiruddin Bagus Kahfi.

Meski melakukan sejumlah perubahan, kualitas Timnas Indonesia nyatanya masih di atas Timor Leste. Timnas Indonesia mampu menekan sejak menit awal dan langsung memberikan ancaman. Namun sampai dengan peluit panjang tanda berakhir pentangdingan babak pertama tetap dengan skor kaca mata (0-0).

Pada babak kedua intensitas serangan dari anak asuh Fakhri Husaini ini terus bergeloran hingga pada menit ke-41, Timnas Indonesia U-16 berhasil memecah kebuntuan melalui kaki Bagus Kahfi. Memaksimalkan umpan silang dari sisi kiri, striker Tim Garuda Asia itu melakukan sontekan di depan gawang Timor Leste yang tak mampu dihalau oleh Marcio Dores.

Setelah unggul satu gol, Timnas Indonesia U-16 terus menekan. Hasilnya pada menit ke-72 anak-anak asuh Fakhri Husaini bisa menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui gol yang dicetak Sutan Zico. Berawal dari umpan silang mendatar yang dilepaskan Bagus Kahfi dari sisi kanan, Sutan Zico masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras yang mengoyak jala gawang Timor Leste.

Sudah unggul dua gol tak membuat para pemain Timnas U-16 menurunkan intensitas serangan. Hasilnya pada masa injury time Bagus Kahfi menambah lagi pundi gol Timnas Indonesia u-16 sehingga unggul 3-0. Berawal dari kerja sama operan satu dua Bagus dan Andre Oktaviansyah, Bagus mengejar bola di kotak penalti dan mengecoh Marcio Dores hingga akhirnya kembali menceploskan bola ke dalam gawang.

Kedudukan 3-0 menjadi penutup laga antara Timnas Indonesia U-16 kontra Timor Leste. Kemenangan ini memastikan tim asuhan Fakhri Husaini lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018. Tim Garuda Asia sudah mengemas 12 poin dari empat laga yang sudah tak mungkin dikejar oleh para pesaingnya. Indonesia akan menghadapi Kamboja pada Selasa (6/8/2018) pekan depan. (nov.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker