Inidia Bacaleg Termuda dari Partai Bulan Bintang, Mau Tau Berapa Usianya?

Abadikini.com, SURABAYA – Meski tidak mudah terjun ke dunia politik dalam usia muda, namun anggapan itu tidak berlaku bagi Muhammad Ilham Muqorrobbin. Ilham memutuskan untuk mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang dengan mengajukan diri sebagai calon legislatif saat berusia 21 tahun dalam wilayah Dapil 3 Kota Surabaya.

“Kenapa saya terjun ke politik? Jadi banyak yang beranggapan politik itu kotor, politik itu lingkaran setan, saya katakan, kalau politik lingkaran setan lalu sampai kapan kebijakan bisa diubah, bagaimana bisa merubah?” ujarnya seperti dilansir dari suarasurabaya, Jumat (3/8/2018).

Bukan tanpa hambatan, sebagai caleg termuda, Ilham hampir tidak bisa mendaftar karena usianya masih 20 tahun saat akan mendaftar. Sesuai peraturan, batas minimal usia untuk mengajukan diri sebagai caleg adalah 21 tahun. Sedangkan saat pendaftaran usia Ilham masih 20 tahun.

Namun kegelisahan itu hilang saat diputuskan peraturan, bahwa batas minimal usia 21 tahun ditentukan saat bakal calon legislatif sudah ditetapkan sebagai daftar calon tetap pada September 2018 mendatang.

“Usia 21 tahun terhitung daftar calon tetap pada September. Kalau pendaftaran sebenarnya enggak masuk, usia saya masih 20 tahun. Alhamdulillah kemarin Juli sudah 21, jadi besok September saya sudah 21 tahun,” tegasnya.

Mengenai alasannya memilih jalur politik, lanjutnya, hal itu karena panggilan hati. Menurutnya, saat ia sudah berproses dalam kampus, sudah saatnya ia mandiri dengan mengabdikan diri ke masyarakat. Hal ini dibuktikannya saat ia mendaftarakan diri sebagai caleg Surabaya pada Pileg 2019 mendatang.

Selain itu, pria kelahiran Surabaya, 28 Juli 1997 itu mengaku, sejak muda dirinya sudah aktif menggeluti bidang bisnis. Bahkan sejak kuliah, Ilham sering pulang ke Surabaya untuk mengurus bisnisnya. Baru pada awal tahun 2017, ia memutuskan masuk Partai Bulan Bintang.

“Selama kuliah, kesibukannya saya banyak di Surabaya. Saya sudah menjalankan usaha sendiri sejak SMP, menghasilkan uang sendiri, hingga SMA akhirnya saya bisa mendirikan barber shop,” kata pria yang saat ini statusnya masih aktif sebagai mahasiswa prodi Agrobisnis Perikanan, Universitas Brawijaya, Malang.

Meski masih ada yang menganggap remeh kaum muda terjun ke politik, namun dukungan dari sahabat dan keluarga semakin meneguhkan langkahnya sebagai caleg Surabaya.

Sebagai tokoh muda yang berhasil di bidang bisnis kemudian melanjutkan ke parlemen, Ilham berpesan agar kaum muda harus optimis dan tidak pernah takut untuk berjuang di segala bidang yang digeluti.

“Kita sebagai anak muda harus optimis. Berjuang dalam segala hal, karena perjuangan bukan soal usia, tetapi soal siapa yang mau berusaha dan apa yang kita usahakan. Perjuangan itu kodrat manusia, bagaimana caranya kita memperjuangkan kebenaran, melahirkan kebaikan dan menghasilkan kebermanfaatan dan mewujudkan keadilan,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker