Pulau Alor Sudah Dihuni Lebih dari 2300 Tahun Silam

Abadikini.com, KALABAHI – Sebuah hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa Pulau Alor telah dihuni lebih dari 2300 tahun silam, atau sekitar 300 tahun sebelum Masehi.

Fakta ini terungkap dalam jumpa pers bersama Ketua Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Bali, Ati Rati Hidayah, di Museum 1000 Moko, Senin (30/7/2018).

“Kami menemukan rangka (tahun 2015), sebenarnya banyak rangka, hanya kami mengambil satu sampel berupa rangka untuk diambil datingnya, untuk pertanggalannya, dan itu sudah berhasil dilakukan tahun 2017, jadi untuk dating dari rangka di Baolang itu sekitar 2.300 BP (Before present/sebelum sekarang), jadi cukup tua”, ungkap Hidayah.

Temuan ini menurut Hidayah sangat mengagetkan, mengingat hal ini berada di permukaan. Secara teoritis, lanjut Hidayah, jika di permukaan saja penanggalannya pada abad ke-3 Sebelum Masehi, maka bisa jadi temuan pada lapisan berikutnya jauh lebih tua.

“Itu cukup tua. Cukup kaget juga karena itu temuan permukaan. Menurut kami, temuan permukaan dengan usia segitu cukup tua” tutur Hidayah. (ak.humas)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker