Tak Hanya Buat Makan, Sendok jadi Alat Musik Resmi Piala Dunia 2018??

Abadikini.com, MOSCOW – Hampir seluruh stadion tempat digelarnya Piala Dunia 2018 di Rusia bakal bising. Sebab, nantinya bakal terdengar lantunan lozhkas.

Dalam bahasa Rusia, lozhkas artinya adalah sendok. Dan, alat musik ini bentuknya memang menyerupai alat makan tersebut. Suara yang keluar dari lozhkas cukup nyaring, namun ritmenya lebih tenang.

Cara penggunaannya pun sederhana. Dua alat yang menyerupai sendok kayu, dipegang berhadap-hadapan pada bagian belakangnya. Lalu, dipukul dengan sepertiga ketukan. Suporter yang kurang terampil dapat membeli versi plastiknya, yang bagian bawah sudah disatukan sehingga lebih mudah dipukul.

Jadi kebisingan unik dari alat musik khas di Piala Dunia sejak 2010 tetap terjaga. Delapan tahun lalu, seluruh stadion yang menjadi venue Piala Dunia 2010 dibuat bising oleh alat musik yang bernama Vuvuzela. Empat tahun kemudian atau di Piala Dunia 2014, fan Brasil memperkenalkan alat musim tradisional bernama Caxirola.

“Itu (caxirola) terdengar seperti sarang lebah dan sangat berisik, juga tidak memungkinkan Anda untuk menepuk ritme,” ucap Rustam Nugmanov, desainer yang ditunjuk pemerintah Rusia untuk membuat desain alat musik khas di Piala Dunia seperti dikutip Reuters. “Jadi kami memilih Lozhkas,” ujarnya. (nov.ak/reuters)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker