Vertigo Anda Kambuh? Segera Redakan Gejalanya dengan Obat Vertigo Berikut

Rasa sakit pada kepala, baik sebelah ataupun keseluruhan yang Anda rasakan bisa saja berkembang semakin parah sehingga menimbulkan efek seperti berputar, disertai rasa mual dan hilangnya keseimbangan. Jangan heran jika kemudian dokter menyarankan beberapa obat vertigo untuk Anda konsumsi, sebagai bentuk pencegahan serta pengobatan untuk meredakan sakit kepala yang sedang diderita.

Walaupun serupa dengan sakit kepala biasa yang bisa disembuhkan dengan aspirin, vertigo membutuhkan pengobatan berbeda karena berkaitan dengan sistem keseimbangan tubuh. Pada dasarnya, terdapat 2 jenis obat utama yang banyak digunakan sebagai obat vertigo, yaitu jenis Vestibular Suppressant (penekan Vestibular) dan Antiemetics (anti mual).

Berikut beberapa jenis obat vertigo dan penjelasannnya!

  1. Vestibular Suppressant

Bagi Anda yang belum tahu, vestibular merupakan sistem syaraf yang menjaga keseimbangan serta mengontrol gerakan di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi obat jenis ini mampu mengurangi nystagmus atau gerakan mata yang disebabkan oleh ketidakseimbangan sistem vestibular.

Obat-obatan yang tergolong dalam Vestibular Suppressant ini terbagi dalam tiga kelompok besar: antikolinergik, antihistamin, dan benzodiazepin.

  • Anticholinergics

Obat dengan golongan Anticholinergics dapat meningkatkan toleransi gerak yang berpengaruh bagi keseimbangan tubuh karena dapat bergerak melewati penghalang darah di otak. Obat dengan golongan anticholinergics akan bekerja efektif sebagai pencegah, artinya sebaiknya diberikan sebelum gejala vertigo muncul.

  • Antihistamines

Obat golongan Antihistamines dan Prochlorperazine yang banyak digunakan untuk mencegah mabuk perjalanan pun terbukti ampuh untuk meredakan vertigo, bahkan setelah gejalanya timbul dan menyerang Anda.

Antihistamines bekerja dengan cara mencegah senyawa histamin (reaksi yang muncul ketika tubuh mengalami infeksi) muncul sedangkan Prochlorperazine bekerja dengan memblokir zat kimia bernama dopamine yang berada di otak. Sebagian besar golongan obat ini juga telah mengandung anticholinergics, sehingga terbukti bekera efektif dalam meredakan serang vertigo yang menyerang Anda.

  • Benzodiazepines

Golongan obat ini juga dapat bekerja efektif dalam menekan respons Vestibular. Namun ada baiknya agar Anda dapat menjaga kadar dosis dalam jumlah yang tepat. Pasalnya, jika Benzodiasepines dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan, gangguan memori, dan hilangnya kesadaran hingga terjatuh.

  1. Antiemetics

Untuk meredakan gejala vertigo yang paling umum seperti efek berputar, agen bernama 5HT3 pada obat seperti Zofran dan Kytril dalam golongan Antiemetics ini terbukti ampuh bagi penderita vertigo. Khasiat dari Antiemetics sebenarnya juga sudah bisa ditemukan pada beberapa golongan Antihistamines seperti obat Meclizine yang yang biasa digunakan sebagai penekan Vestibular.

Sejumlah obat lainnya dari golongan Antiemetics seperti Fenotiazin (prochlorperazine dan promethazine), juga efektif sebagai obat vertigo karena kemampuannya dalam menghadang hormon dopamine.

Itulah golongan dan jenis obat vertigo yang bisa saja disarankan oleh dokter langganan Anda. Vertigo dapat berlangsung secara beragam tergantung jenisnya, ada yang berlangsung hanya beberapa menit hingga hitungan jam. jangan ragu untuk segera menjalani pengobatan lanjut jika vertigo menyerang Anda secara berkala, ya!

 

Topik Berita