Dikota Ini Warganya Sholat Tarawih dari Isya Hingga Menjelang Subuh

Abadikini.con,- Menemukan adat yang berbeda dengan kampung halaman menjadi obat penawar tersendiri bagi perantauan, termasuk pelajar dan mahasiswa di Kota Tarim, Provinsi Hadramaut, Republik Yaman.

Salah satunya, Salat Tarawih yang tersedia sepanjang malam, dari tibanya waktu Sholat Isya sampai menjelang Sahur selalu ada saja masjid yang mendirikan Salat Tarawih.

Jadwal masjid-masjid di sini seakan bergilir, yang mana memudahkan bagi setiap warga termasuk para anak perantauan untuk memilih waktu yang pas.

Masjid As-Sahl misalnya, yang memulainya pada pukul 20.30, Masjid Ubadah pada pukul 20.45, Masjid Bir tepat jam 21.00.

Begitu banyak pilihan untuk mereka yang ingin memulainya di awal waktu termasuk Musala Ahlu Kisa pada pukul 20.45 berlokasi tepat di dalam lembaga Darul Musthofa (DM).

Di pertengahan malam, tepatnya pukul 23.00, giliran Masjid Ba ‘Alawi, masjid tua nan bersejarah yang melangsungkan Shalat Tarawih.

Masjid ini berjuluk “masjidil qoum” yang berarti induk dari segala masjid.

Konon salah satu sebab julukan tersebut karena warga Tarim begitu mengistimewakan masjid ini, bahkan dalam penaruhan waktu shalat Tarawih saja, tak ada masjid yang menyamai jadwal masjid Ba’alwi ini.

Masjid favorit lain yaitu masjid Umar Al-Muhdhar, masjid dengan menara tinggi yang terbuat dari tanah liat ini melangsungkan salat Tarawih tepat pukul 00.30 malam. (ak.intisari)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker